Qantas: Duduk Dekat Pintu Dengan Ekstra Biaya

Semua orang menginginkan ruang ekstra untuk kaki dalam penerbangan? Apalagi di penerbangan kelas ekonomi yang memaksa kaki terlipat kencang. Untuk menekan ongkos, banyak maskapai merapatkan barisan kursi.

Nah, kini Anda dapat memastikan untuk memperoleh ruang kaki lebih lega, dengan memilih duduk di dekat pintu pesawat. Bagi Anda yang sering terbang, pasti hafal bahwa barisan kursi di depan pintu darurat memang lebih lega depannya, karena dipakai untuk jalur evakuasi.

Maskapai terbesar Australia, Qantas memberi kesempatan untuk memastikan Anda duduk di barisan kursi ini, sejak memesan tiket. Namun, jelas Anda harus bersedia membayarnya. Qantas telah mengumumkan akan memperluas pilihan tempat duduk tambahan di area ini untuk penumpang yang bepergian dengan pesawat Qantas domestik B737 dan A330. Pilihan ini juga sudah tersedia di layanan penerbangan jarak menengah dan internasional.

Barisan kursi dengan ruang kaki ekstra ada di kelas ekonomi. Barisan kursi bagian ini biasanya akan memberi Anda ruang kaki ekstra selebar kurang lebih 10 cm. Harganya di Qantas antara $ 20 dan $ 60 untuk memesan tempat duduk disini, tergantung pada jarak penerbangan. Harus diperhatikan juga, bahwa Anda juga harus memberikan surat pernyataan, bahwa Anda mampu membantu mengarahkan penumpang keluar dalam keadaan darurat.

Maskapai ini juga mengumumkan akan segera menambahkan opsi ini untuk menjual lebih banyak kursi baris ini di jalur penerbangan internasional trans-Tasman jarak pendek, dengan biaya sekitar 25 dollas Aus.

Sebelumnya, kursi-kursi pada penerbangan domestik atau jarak pendek dialokasikan dengan panduan siapa yang masuk duluan, dan berpakaian pantas untuk barisan kursi ini. Keputusan untuk mengenakan biaya pada pemesanan baris kursi ini dianggap mampu memfasilitasi proses seleksi kursi yang lebih adil, dengan alokasi kursi tambahan yang memiliki. “Ruang yang lega untuk kaki mencerminkan biaya yang dibayarkan. Ini adalah prinsip dasar yang sama yang berlaku di pesawat terbang, ” kata manajer eksekutif penjualan dan distribusi Qantas, Vanessa Hudson.

Dia juga mengatakan, pilihan semacam ini sudah populer di kalangan pelanggan Qantas di dalam dan luar negeri. Keputusan perusahaan ini akan memberi jaminan penuh bagi penumpang atas tempat duduk yang mereka inginkan.

Keputusan ini menempatkan Qantas sejajar dengan maskapai Australia lainnya Virgin Australia. Di Virgin, telah lama ada kebijakan para penumpang dapat memesan barisan kursi di dekat pintu keluar dengan biaya tambahan. Saat terbang di dalam negeri atau dalam penerbangan internasional jarak pendek, penumpang Virgin dapat memesan ruang kaki ekstra seharga 20-70 dollar Aus. Untuk penerbangan internasional jarak jauh, kursi ini bisa dibeli seharga 150 dollar Aus.