Minat? Qatar Jual Satu Lagi Jumbo Jet Super Mewahnya

Pemerintah Qatar telah mendivestasi dua VVIP 747 yang dikonfigurasi secara mewah dalam beberapa tahun terakhir. Model 747SP dijual ke CSDS Asset Management pada 2018 dan Boeing Business Jet 747-8i, atau BBJ, akhirnya secara efektif diberikan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di tahun yang sama.

Kini sebuah 747-8i mewah lainnya milik pemerintah Qatar juga ditawarkan untuk dijual. Pesawat ini terhitung masih muda karena total terbangnya masih kurang dari 1.100 jam.

Meski ini memang bukan pesawat paling mahal dan mewah yang ada di pasaran, tetapi  Boeing ini sangat mewah.

747-8i khusus ini memiliki nomor seri Boeing 37075 dan diluncurkan dari jalur perakitan di Everett, Washington pada 2012. Saat ini pesawat di fasilitas AMAC Aerospace Switzerland AG di Basel, Swiss. AMAC Aerospace bertanggung jawab atas perlengkapan pesawat dengan interior khusus, yang memakan waktu hampir dua tahun untuk menyelesaikan.

Pada 2015, pesawat ini memasuki layanan dengan Qatar Amiri Flight, yang secara teknis merupakan divisi dari maskapai berbendera negara Qatar Airways yang melayani Keluarga Kerajaan Qatar dan pejabat tinggi pemerintah lainnya.

Dalam konfigurasi utamanya, pesawat ini memiliki 18 awak dan dapat mengangkut 89 penumpang. Jumlah yang relatif kecil dibandingkan dengan 400 atau lebih orang muatan maksimal 747-8i ketika dikonfigurasikan sebagai pesawat tiga kelas. AMAC mengatakan pesawat ini juga dapat terbang dalam konfigurasi medis.

Pesawat ini dilengkapi dengan kamar tidur utama, kamar tidur tamu, tangga besar, ruang tamu, kantor pribadi dan lounge, lounge umum, dapur penuh, dan banyak lagi. Pesawat menggunakan jendela elektrik dengan nuansa Romawi. Tentu saja pesawat dilengkapi dengan fasilitas hiburan super mewah.

Keputusan Keluarga Kerajaan Qatar untuk menyingkirkan 747-8i BBJ lainnya dua tahun lalu pada awalnya tidak jelas. Belakangan menjadi jelas bahwa mereka telah memberikannya kepada Turki sebagai imbalan atas dukungan Ankara terhadap House of Al Thani di tengah pertikaian politik yang masih berlangsung dengan sejumlah negara lain, terutama Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Tidak jelas mengapa Penerbangan Qatar Amiri sekarang juga menyingkirkan 37075, meskipun masih memiliki dua BBJ 747-8i lainnya dalam layanan. Otoritas negara itu sebelumnya telah menjual satu lagi BBJ 747-8i kepada pemerintah Maroko pada tahun 2010. Saat ini, Qatar Amiri juga memiliki sejumlah pesawat berbadan lebar Airbus A340 dan A330, serta pesawat berbadan sempit A319 dan A320.

Belum jelas berapa harga yang dipatok. Sebagaimana disebut Controller.com jika tertarik Anda harus menghubungi mereka untuk menegosiasikan harga.

Dengan lini produksi 747-8i sekarang dalam status terminal, Jumbo Jets terakhir ini akan menjadi lebih langka, terutama beberapa yang telah diproduksi sebagai Boeing Business Jets.  747-8i merupakan pesawat terbesar di bumi yang telah sepenuhnya dikonfigurasi untuk transportasi VIP. Saat ini, dua 747-8 sedang dimodifikasi secara untuk menggantikan dua jet Air Force One lama yang didasarkan pada varian 747-200.