Jet Tempur Mirage Kunci F-16 Turki

Sebuah rekaman muncul yang menunjukkan seorang pilot jet tempur Mirage Yunai mengunci sebuah jet tempur F-16 Turki di atas wilayah udara yang disengekatakan. Peristiwa tersebut terjadi pada 5 Mei 2020.

Menurut laporan itu, pertempuran udara terjadi di Aegean Tengah dan terjadi hampir bersamaan ketika dua F-16 Turki melecehkan helikopter militer Yunani yang mengangkut Menteri Pertahanan Nikos Panagio topou los dan Jenderal Konstantinos Floros di sekitar pulau-pulau Aegean Timur.

Dalam video tersebut, Anda dapat mendengar pilot Yunani berkata kepada pilot kedua bahwa “Saya memilikinya,” yang menunjukkan dia mengunci jet F-16 Turki yang ia kejar.

Rekaman itu menunjukkan pilot Turki membuat upaya putus asa untuk melarikan diri dengan bermanuver tidak menentu. Namun, pilot Yunani Mirage menempatkan F-16 Turki dalam parameter tembak dan mengunci lawan.

Adalah kejadian yang sangat biasa dan normal bagi pilot pesawat tempur Yunani berurusan dengan jet Turki yang melanggar wilayah udara Yunani setiap hari. Namun, sangat jarang bagi militer Yunani merilis rekaman tersebut.

Kemungkinan rekaman itu dirilis sebagai tanggapan terhadap jet Turki yang melecehkan Panagiotopoulos dan Floros, seperti yang dilaporkan oleh Greek City Times 5 Mei 2020, dan berfungsi sebagai pengingat mengapa pilot Yunani menang dalam tahun-tahun berturut-turut penghargaan “Prajurit Terbaik” NATO

Yunani dan Turki telah terlibat dalam konflik terkait Aegean. Pulau yang memisahkan Turki dan Yunani. Kedua negara ini sangat sulit untuk menentukan batas wilayah masing-masing. Turki dan Yunani telah melihat peningkatan pesat dalam insiden pelanggaran udara sejak 2013.

Lebih lengkap simak video berikut:

Facebook Comments