Pesawat -X Paling Penting Yang Pernah Dibangun Amerika

X-29 (1984)

Pesawat X-29 ini dibangun  Grumman dengan sayap menyapu ke depan. Desain ini dimaksudkan untuk mengurangi drag, meskipun menjadi sangat tidak stabil sehingga pesawat membutuhkan sistem komputer fly-by-wire untuk terbang. X-29 adalah salah satu pesawat sayap menyapu ke depan yang diuji  terakhir  oleh militer AS. Militer Rusia setelah itu masih menguji SU-47 yang juga menggunakan desain unik ini.

X-37 (2006)

X-37 adalah favorit teori konspirasi, yang percaya itu menjadi alat pengawasan atau platform senjata. Tidak mengherankan, mengingat Pentagon tidak akan memberitahu kita apa yang dia lakukan di  ruang angkasa.

Pesawat ruang angkasa X-37  dari lingkup NASA untuk Departemen Pertahanan, kemudian diluncurkan ke orbit pada tahun 2010. X-37B saat ini telah melakukan  misi ketiga. Pesawat berikutnya dalam seri, X-37-C, akan memiliki kapasitas untuk enam astronot.

X-47 (2011)

Drone ini hanya digunakan  untuk misi  pengawasan. X-47, pesawat tak berawak  yang terlihat sedikit seperti UFO telah melakukan uji lepas landas dan pendaratan di kapal induk. Pesawat ini dipandang sebagai pendahulu armada yang akan datang yang dikenal sebagai Unmanned Carrier-Launched Surveillance and Strike crafts.