Pesawat -X Paling Penting Yang Pernah Dibangun Amerika

Pesawat-X atau X-Plane yang merupakan kode dari pesawat eksperimental  telah menjadi ajang pembuktian untuk teknologi penerbangan yang inovatif selama beberapa dekade.

Dari pesawat pertama untuk memecahkan hambatan suara sampai tes daya tahan lama  telah ada  56 pesawat eksperimental dibangun Amerika Serikat selama hampir 60 tahun. Dan berikut beberapa yang paling mengesankan

X-1 (1946)

Tak lama setelah akhir Perang Dunia II, Bell Aircraft, bersama dengan Angkatan Udara AS dan Komite Penasehat Nasional untuk Aeronautics (pendahulu NASA), berangkat untuk memecahkan hambatan suara. Ini adalah pesawat yang melakukannya: Bell X-1.

Pengujian dari pesawat  mesin roket mulai pada tahun 1946. Pada tanggal 14 Oktober, 1947, pada penerbangan pesawat ke-50,  Chuck Yeager mencapai Mach 1.

Dan dikembangkan dari  X-1,  pesawat X-1E  mencapai rekor kecepatan  pada tahun 1958 dengan melesat 3 Mach.

X-11 dan X-12 (1957 dan 1958)

X-11 dan X-12 bukan pesawat, melainkan tes pertama dari Rocket SM-65 Atlas. Dipahami sebagai rudal balistik antarbenua, keluarga roket Atlas  telah memainkan peran utama dalam program luar angkasa, meluncurkan empat Mercury-misi termasuk Friendship 7,  pesawat berawak pertama yang mengorbit bumi dengan  membawa John Glenn.  Roket  ini juga meluncurkan probe Surveyor dan Mariner, Mars Reconnaissance Orbiter, dan New Horizons yang sedang  dalam perjalanan ke Pluto.

X-15 (1958)

Pesawat ruang angkasa ini adalah salah satu pesawat ruang angkasa pertama yang dapat digunakan kembali, mencapai ketinggian suborbital dari 62 mil pada tahun 1963. Jadi, meski dia tidak mengalahkan ketinggian Yuri Gagarin atau Alan Shepherd yang mencapai ruang angkasa, uji coba terbang Joe Walker cukup tinggi untuk memenuhi syarat sebagai astronot.

Pilot Angkatan Udara Pete Ksatria mengambil pesawat dan mencapai rekor menanjak  tercepat di 4.520 mil per jam pada tahun 1967 , rekor itu masih belum terpecahkan.

X-25 (1955)

Juga dikenal sebagai Bensen B-8, helikopter ringan satu kursi yang dirancang untuk digunakan oleh evakuasi darurat pilot yang jatuh. Program ini dimulai pada 50-an, tetapi hanya dua penerbangan di bawah program ini  pada tahun 1968.

Dalam perkembangannya model ini menjadi favorit penggemar penerbangan. Bahkan, Igor Bensen, penemu B-8, memang tidak memiliki pikiran hal ini akan digunakan militer  ketika ia mulai  membangun pesawat.  Pesawat ini murah dan mudah untuk diterbangkan dari mana saja.

NEXT