Keabadian Bronco

OV-10 Bronco itu terbukti, murah, handal, dan sangat mudah beradaptasi Platform AS, Irak, dan pasukan Afghanistan yang diperlukan untuk melawan dan mengintai pemberontak. Sebaliknya, dalam kedua perang mereka membuktikan mampu bertempur bersama jet tempur canggih dan pembom berat yang harganya puluhan ribu dolar per jam.

The A-29 super Tucano adalah pesawat yang fantastis, dan akan melakukannya dengan baik sebagai platform kontra-pemberontakan ke depan, namun kedatangannya terlalu terlambat untuk memiliki efek yang berarti pada kemampuan Amerika untuk meninggalkan Afghanistan secara permanen.

Selain itu, meninggalkan Irak tanpa melengkapi pasukan mereka dengan pesawat yang sama, bukan beberapa lusin F-16C / D pejuang yang akan tiba tahun setelah keberangkatan kami, adalah salah langkah penting yang memungkinkan ISIS untuk menyusup dan metastasis di negara itu. Jika Irak memiliki beberapa ratus OV-10 Bronco ISIS bisa saja dihentikan.

Pada akhirnya, OV-10, atau salah satu pilihan lain yang tersedia untuk peran COIN. Sayangnya, Kementerian Pertahanan Amerika belum mau belajar pelajaran pemtomg ini. Sebaliknya, tetap memlih jet cepat dan pembom berat dengan menyia-nyiakan banyak miliaran dolar.

Jika hanya membunuh seekor semut kenapa harus dengan palu berlapis emas. Kenapa jika hanya melawan orang-orang dengan senjata AK-47 dan truk pickup Toyota tua harus menggunakan pesawat-pesawat super mahal yang sebenarnya bisa dilakukan oleh OV-10, atau bahkan Super Tucano?