Inilah Rahasia di Balik Nama Su-57

Su-57 menjadi jet tempur siluman pertama Rusia. Pesawat dua kursi ini diyakini mampu melawan pesaingnya baik dari Amerika maupun China. Jet tempur mempertahankan kekhasan pesawat Rusia dengan kemampuan melakukan manuver tinggi.

Tetapi mungkin muncul pertanyaaan kenapa namanya Su-57? Kenapa menggunakan angka 5 dan 7? Apa maknanya?

United Aircraft Corporation (UAC) akhirnya mengungkapkan rahasia di balik nama pesawat tempur siluman tersebut. Su jelas merupakan kode Sukhoi, nama keluarga seorang insinyur penerbangan Rusia yang terkenal yang mendirikan perusahaan Sukhoi.

Sedangkan nomor 5 digunakan untuk menandakan bahwa pesawat tersebut adalah generasi kelima. Angka 7 ternyata memiliki makna tersendiri. Menurut UAC, 7 adalah angka keberuntungan untuk Biro Desain Sukhoi.

Jet ini terus menjalani pengujian dengan pilot angkatan udara Rusia mulai menerbangkannnya. Su-57 diklaim mampu menghancurkan semua jenis sasaran darat, laut, dan udara.

Rusia telah memiliki tradisi tersendiri dalam memberikan nama senjatanya. Setiap nama punya makna dan asal-usulnya.

Untuk jet tempur. Secara historis, pesawat Rusia dinamai pencipta mereka, atau lebih tepatnya biro desain di mana mereka dikembangkan, dengan angka yang menunjukkan nomor pembangunan.

Selain itu, angka ganjil biasanya dikeluarkan untuk jet tempur, pesawat serangan dan pencegat, meskipun ada pengecualian untuk aturan ini  yakni Tupolev Tu-95 atau pesawat kargo Antonov An-125.

Seringkali nomor tersebut diikuti oleh huruf. Pertama biasanya adalah huruf “S”, yang menunjukkan bahwa pesawat adalah produk serial. Kemudian, pengembangan pesawat selanjutnya menerima huruf “M”, yang berarti “modernisasi.”

Huruf ini kemudian dapat diikuti dengan nomor seri modernisasi. Misalnya, Su-27SM3. Kemudian kadang-kadang ada huruf “K”, yang merupakan singkatan dari “komersial,” yang berarti produk tersebut diekspor. Huruf “UB” berarti “pelatihan tempur” dan “P” berarti pesawat itu adalah versi pencegat.

Selanjutnya jika muncul sebuah pembom atau pesawat tempur dengan kemampuan tempur yang secara fundamental baru maka namanya dibuat berdasarkan pesawat yang sudah ada sebelumnya tetapi dengan angka yang berubah.

Misalnya pembom yang dibuat dari model Su-27 maka dia kemudian diberi nama Su-34. Atau pesawat generasi 4 ++ yang merupakan pengembangan mendalam dari Su-27 kemudian muncul dengan nama nama Su-35.