Split-S di Ketinggian Rendah, F-16 Pakistan Menghantam Bumi

Jet tempur F-16 Angkatan Udara Pakistan jatuh di Islamabad pada Rabu 11 Maret 2020. Pesawat itu dilaporkan berlatih untuk ikut serta dalam parade Hari Pakistan yang akan digelar 23 Maret.

Video yang beredar menunjukkan F-16 seperti mengeksekusi manuver yang mirip dengan split-S di ketinggian rendah, sebelum menghantam tanah.

Tidak jelas apakah manuver ini dikendalikan oleh pilot atau akibat dari kerusakan mekanis. Beberapa outlet telah mengidentifikasi pilot yang menerbangkan F-16 sebagai Wing Commander Nauman Akram. Sayangnya, dia tidak selamat dari kecelakaan itu, tapi untungnya tidak ada korban di darat.

Tidak jelas varian atau blok F-16 yang jatuh. Pesawat tempur Pakistan yang paling berharga adalah 18 F-16C / D Block 52+ dengan 18 di antaranya dikirim kira-kira satu dekade lalu. Sisa armada F-16 Pakistan terdiri dari model A dan B yang lebih tua dan kurang canggih.

Angkatan Udara Pakistan dalam sebuah pernyataan mengkonfirmasi bahwa F-16 sedang berlatih untuk parade 23 Maret pada saat kecelakaan itu dan bahwa Komandan Wing Nauman Akram meninggal. Jenis

“Angkatan Udara Pakistan melaporkan dengan sedih bahwa sebuah pesawat F-16 jatuh di dekat Shakarparian, Islamabad selama latihan parade 23 Maret,” kata pernyataan itu.

“Sebuah tim penyelidikan telah diperintahkan oleh Markas Besar Udara untuk menentukan penyebab insiden itu.”