Jepang Pensiun Skuadron RF-4E Terakhir

Angkatan Udara Jepang mempensiunkan skuadron pesawat pengintai RF-4E / J terakhir,  salah satu unit terakhir pesawat F-4 Phantom di negara tersebut.

Jet-jet itu meninggalkan layanan pada 9 Maret, dan sebelumnya ditugaskan ke skuadron pengintai taktis Hikotai 501 di Hyakuri Airbase di Prefektur Ibaraki. Pelatihan penerbangan berakhir pada tanggal 3 Maret, dan penerbangan terakhir pesawat dilakukan enam hari kemudian.

Jepang diperkirakan akan pensiun dari F-4 Phantom terakhirnya pada akhir tahun ini, dengan pesawat akan diganti oleh pesawat tempur F-35A.

F-4E sebelumnya dianggap sebagai pejuang superioritas udara  paling mampu di dunia, tetapi desainnya saat ini berusia 55 tahun dan secara luas dianggap usang.

Pergeseran Jepang dari armada yang diisi jet tempur superioritas udara F-4 dan F-15 menjadi F-35A yang terbang lebih rendah dan lebih lambat serta dirancang terutama untuk peran serangan udara ke darat, mewakili reorientasi signifikan dari Angkatan Udara negara itu.

Jepang adalah salah satu dari hanya beberapa operator yang tersisa dari F-4, dan selain Iran, Korea Selatan dan Yunani.

RF-4E dihargai karena kemampuannya untuk beroperasi pada kecepatan tinggi dan ketinggian, meskipun platform telah terbukti sangat rentan terhadap pertahanan udara modern. Terakhir Phantom Turki jatuh pada misi pengintaian di atas provinsi Latakia Suriah oleh sistem pertahanan jarak pendek Suriah di 2012.

F-4 Phantom di negara tetangga Korea Selatan diperkirakan akan digantikan KF-X buatan dalam negeri sekitar tahun 2030.