Virus Corona Ganggu Siluman F-35

F-35

Penyebaran virus corona baru yang dikenal sebagai COVID -19 berdampak pada pekerjaan di dua simpul utama dalam rantai pasokan global pembangunan jet tempur siluman F-35

Ellen Lord, Wakil Menteri Pertahanan untuk akuisisi dan dukungan mengatakan virus telah memaksa penutupan dua fasilitas terkait F-35 di Italia dan Jepang.

Lockheed Martin telah menghentikan produksi komponen F-35 di pabrik Mitsubishi Heavy Industries di Jepang dan memerintahkan karyawan di fasilitas F-35 lain di Italia untuk bekerja dari rumah.

Shutdown ini menjadi indikasi pertama bahwa wabah COVID-19 dapat mulai mempengaruhi pangkalan industri pertahanan global yang sangat terintegrasi, meskipun Lord mengatakan dia tidak tahu tentang program lain yang telah terpengaruh.

“Saat ini kami belum melihat efek apa pun, tetapi saya memiliki tim yang mengerjakannya dengan sangat berat sekarang,” kata Lord sebagaimana dikutip Asia Times 5 Maret 2020.

“Saya percaya mereka telah memutuskan untuk tutup selama seminggu,” kata Lord tentang fasilitas Jepang, tetapi “sepertinya itu tidak mempengaruhi pengiriman” pesawat, tambahnya.

Asisten Sekretaris Pertahanan untuk Pertahanan Dalam Negeri dan Keamanan Global Ken Rapuano telah ditugaskan untuk memantau dampak virus pada sekutu, untuk memasukkan “perencanaan skenario” pada dampak potensial.

Juru bicara Pentagon Letnan Kolonel Mike Andrews menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa di Jepang, penutupan sementara Mitsubishi hanya mempengaruhi pesawat Jepang, sementara Lockheed “membatasi perjalanan” ke fasilitas Cameri mengutip peringatan perjalanan Kedutaan Besar Amerika.

“Pratt dan Whitney Resident Engine Team di Cameri telah diarahkan untuk bekerja,” tambahnya. “Tidak ada dampak pada jalur produksi.”

Kepala Kantor Program Gabungan F-35, Letnan Jenderal Eric Frick, menambahkan beberapa detail lebih lanjut tentang masalah Jepang, meskipun ia tidak menyebutkan masalah di Italia.

“Saya diberitahu kemarin,  bahwa sesuai dengan instruksi pemerintah Jepang, mereka telah berhenti bekerja di perakitan Final Nagoya dan pos pemeriksaan atau FACO,  selama seminggu,” katanya.

F-35 mungkin merupakan rantai pasokan  paling terintegrasi secara global dalam sejarah peralatan militer, dengan potongan-potongan yang dibangun di seluruh dunia dan dikirim ke fasilitas Lockheed di Worth, Texas. Namun, jet untuk beberapa mitra asing berkumpul di dua lokasi, satu di Cameri, Italia dan lainnya di Nagoya, Jepang.

Italia mengumumkan rencana untuk menutup semua sekolah dan universitas selama dua minggu ke depan untuk menghentikan penyebaran penyakit yang pertama muncul di China tersebut.