Jolly Green II, Inilah Pencari dan Penyelamat Baru USAF

Angkatan Udara Amerika telah menamai helikopter pencarian dan penyelamat baru mereka dengan Jolly Green II. Nama ini untuk menghormati helikopter pencarian dan penyelamatan berwarna hijau yang menjemput pilot dan awak pesawat dari bahaya selama Vietnam.

Helikopter baru yang berbasis pada Blackhawk UH-60 tersebut diperkirakan mulai beroperasi pada awal 2020-an.

Helikopter HH-60W akan menggantikan HH-60G Pave Hawk yang lebih tua. Sekretaris Angkatan Udara Barbara Barrett meluncurkan nama tersebut di Simposium Air Warfare Association Air Force di Florida. Menurut Air Force Magazine, model awal pra-produksi “Jolly Green Giant” tersedia untuk inspeksi di tempat.

Nama “Jolly Green II” adalah penghormatan bagi helikopter HH-3 Jolly Green Giant dan HH-53 Super Jolly Green Giant yang diterbangkan oleh tim pencari dan penyelamat USAF selama Perang Vietnam.

HH-3 Jolly Green Giant

HH-60G Pave Hawk yang lebih tua berbeda dari varian Blackhawk lainnya dengan memiliki winch dan kemampuan pengisian bahan bakar di udara. HH-60W yang lebih baru menampilkan “avionik, armor, persenjataan, dan mesin yang ditingkatkan.”

HH-53 Super Jolly Green Giant

Lockheed Martin juga mengklaim pesawat ini memiliki daya jangkau dua kali lipat dibanding Blackhawks lainnya. Mengacu pada UH-60M, versi terbaru Blackhawk yang dibeli untuk Angkatan Darat Amerika yang memiliki jangkauan 360 mil,  maka kisaran HH-60W diperkirakan akan mencapai 700 mil atau lebih. Kemampuan pengisian bahan bakar di udara juga akan memperpanjang rentang itu lebih jauh.