Revolusioner, SB1 Defiant Mulai Jalani Tes Penerbangan untuk US Army

Helikopter Sikorsky-Boeing  SB1 Defiant yang digadang-gadang akan menggantikan UH-60 Black Hawk baru-baru ini melakukan demonstrasi penerbangan untuk Angkatan Darat Amerika Serikat.

Sebagaimana dilaporkan Military.com, Defiant, yang ditenagai  dua mesin turboshaft Honeywell T55, dapat menjadi Long Range Assault Aircraft (FLRAA) masa depan US Army. UH-60 Black Hawk adalah helikopter utilitas sedang yang digunakan militer Amerika dan dirancang oleh Sikorsky Aircraft.

Defiant dirancang untuk dapat terbang dengan kecepatan lebih dari 230 mph. Pesawat itu juga menggunakan sistem rotor koaksial dan baling-baling belakang besar yang menggantikan rotor ekor yang ditemukan di helikopter konvensional.

Pilot uji coba juga mengatakan kepada  Military.com  bahwa baling-baling pendorong belakang pesawat dirancang untuk memberikan dorongan secara revolusioner.

“Semua serba lengkap di sini; Anda dapat membuat kerusakan tempur yang signifikan dan kembali ke pangkalan dan jika Anda kehilangan penyangga, Anda masih memiliki mesin 150 knot,” Ed Henderscheid, mantan pilot AH-64 Apache Angkatan Darat Amerika dan pimpinan pilot uji Boeing untuk Defiant.

Baling-baling pendorong Defiant sepenuhnya elektrik, tidak seperti sistem hidrolik yang digunakan di sebagian besar helikopter.

“Tidak ada hidrolika di boom ekor yang sebagai pilot helikopter adalah masalah besar. Saya mengalami kegagalan hidrolik disebabkan oleh putusnya saluran hidrolik  dan itu menakutkan ketika Anda harus pergi untuk menjaga rotor ekor Anda tetap berada di tempat Anda menginginkannya. Tidak perlu khawatir tentang kebocoran  atau kerusakan mekanis  itu pemikiran yang sangat sangat menenteramkan, “jelas Henderscheid.

Sikorsky, yang merupakan bagian dari perusahaan dirgantara Lockheed Martin dan bermitra untuk dengan produsen pesawat terbang Boeing membangun Defiant untuk Angkatan Darat sebagai bagian dari program Joint Multi-Role Technology Demonstrator (JMRT-D).

Angkatan Darat Amerika juga memberikan kontrak kepada Textron untuk membangun helikopter berdesain tiltrotor, V-280 Valor, yang telah menjalani uji terbang pertamanya pada Desember 2017. Valor dan Defiant keduanya bersaing untuk menggantikan UH-60 Black Hawk .

Menurut Defense News, Valor terbang dengan kecepatan 200 knot selama uji penerbangan Januari, dibandingkan dengan 140 knot Defiant selama demonstrasi hari Kamis.  Knot adalah satuan kecepatan yang setara dengan sekitar 1,85 kilometer per jam.

Namun, menurut Military.com, Defiant terbang pada 140 knot dengan hanya menggunakan sekitar 20%  kemampuan baling-baling pendorong dan sekitar 30% dari kekuatan mesin pada Defiant.

“Persyaratan untuk mendesain sekitar 230 knot, dan kami akan dengan mudah mencapai itu,” kata Henderscheid.

https://twitter.com/SecArmy/status/1230557132795215872?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1230557132795215872&ref_url=https%3A%2F%2Fsputniknews.com%2Fmilitary%2F202002251078404094-videos-sikorsky-boeing-defiant-helicopter-undergoes-flight-tests-for-us-army%2F

Tim Malia, Direktur Future Attack Reconnaissance Aircraft (FARA) US Army mengatakan kepada Military.com bahwa teknologi X2 Defiant akan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup di antara para penerbang tempur.

“Anda bisa masuk dan keluar lebih cepat, jadi Anda telah mengurangi  waktu Anda di lingkungan yang berbahaya,” kata Malia. Teknologi X2 juga memungkinkan kelincahan dan kemampuan manuver yang lebih baik.

Angkatan Darat Amerika diharapkan untuk menyelesaikan fase pengurangan risiko untuk FLRAA baru pada tahun 2022, yang pada tahun yang sama layanan akan memilih perusahaan yang membangun pengganti Black Hawk.

“Apa yang diberikan oleh para demonstran teknologi ini adalah data yang sangat baik bagi Angkatan Darat untuk memahami kemampuan rotorcraft di masa depan,” kata Jay Macklin, Direktur pengembangan bisnis angkut vertikal Sikorsky.

“Angkatan Darat akan mengambil semua informasi yang dipelajari melalui program JMRT-D, dan akan muncul apa yang dirasa merupakan desain terbaik untuk bergerak maju dalam kompetisi FLRAA,” tambah Macklin.