Beda Kelas, Inilah Perbandingan Kemampuan Su-35 Vs MiG-35

Jet tempur Su-35 dan MiG-35 yang dibangun Rusia memiliki sejumlah kesamaan. Pertama, keduanya adalah sama-sama jet tempur generasi ke 4++. Kedua, baik MiG-35 maupun Su-35 adalah pengembangan dari jet tempur lama.

Su-35 mulai beroperasi pada tahun 2014 sebagai turunan modern dari pesawat tempur superioritas udara kelas berat Su-27 Flanker . Sementara MiG-35 mulai beroperasi dari Juni 2019, dan merupakan turunan yang sangat ditingkatkan dari MiG-29 Fulcrum

Meski demikian, MiG-35 dan Su-35 berbeda kelas hingga wajar jika ada jeda kemampuan di antara kedua jet tempur tersebut. Su-27 adalah jet tempur berat lahir untuk melawan F-15 Amerika dan kemudian Su-35 diharapkan bisa mengadang F-22 Raptor. Sementara MiG-29 adalah platform dengan bobot sebanding dengan F-16 dan F/A-18 Hornet yang dimaksudkan untuk digunakan dari pangkalan yang lebih dekat ke garis depan.

Meski MiG-35 dan Su-35 menggunakan banyak teknologi serupa, keduanya memiliki desain yang secara fundamental berbeda dengan fungsi saling melengkapi seperti pada pendahulnya. Penilaian kemampuan kedua petarung dan perbedaan utama mereka dapat memberikan wawasan yang signifikan tentang sifat kedua program dan masa depan mereka.

Su-35

Su-35 menggunakan radar Irbis-E, yang dapat mendeteksi target berukuran tempur pada jarak lebih dari 400 kilometer. Radar ini dapat mencium pesawat siluman pada jarak lebih dari 80 km dan dapat melacak hingga 30 target udara secara bersamaan.

Radar MiG-35 di sisi lain justru lebih canggih. MiG-35 menjadi jet tempur pertama Rusia yang menggunakan radar active electronically canned array (AESA). Namun radar ini jauh lebih ringan daripada Irbis-E yang menjadikan Su-35 akan mempertahankan keunggulan signifikan dalam kesadaran situasi.

Tidak banyak yang diketahui tentang jangkauan deteksi MiG-35, tetapi jenis amunisi yang telah melengkapi pesawat ini menunjukkan bahwa radar dapat melacak pesawat musuh juga pada jarak lebih dari 400 km – meskipun kisaran ini mungkin lebih rendah untuk target berukuran tempur yang lebih kecil.

Kedua pesawat tempur menggunakan amunisi kelas sama, dan keduanya kompatibel dengan rudal udara ke udara R-37M  yang diklaim memiliki kecepatan 6 Mach dengan sensor kuat yang mampu menggerakkan pesawat pada jarak hingga 400 km.

Jika klaim itu benar maka rudal tersebut akan memungkinkan para petarung dengan nyaman mengungguli semua musuh di luar pertempuran jangkauan visual karena rudal udara ke udara terbaru China dan Amerika hanya memiliki setengah jangkauan atau kurang dan jauh lebih lambat.

Kedua fighter ini juga dapat mengerahkan berbagai rudal jelajah standoff seperti Kh-35 dan Kh-31, meskipun MiG-35 juga mendapat manfaat dari akses ke Kh-38 yang lebih baru dimana Su-35 tidak mampu membawanya.

Baik Su-35 dan MiG-35 juga memiliki kemampuan manuver yang sama dan menggunakan mesin kembar dengan thrust vectoring tiga dimensi yang akan menjadi keunggulan tersendiri dibanding lawan-lawannya.

MiG-35

Peningkatan lain yang diterapkan pada kedua desain ini termasuk mesin yang lebih kuat dan hemat bahan bakar, daya tahan superior dan penyimpanan bahan bakar yang lebih besar, muatan senjata yang diperluas, kerangka yang lebih ringan dan lebih tahan lama karena penggunaan bahan komposit yang lebih tinggi, dan sistem peperangan elektronik canggih, tautan data dan tampilan kokpit.

Su-35  diuntungkan dari aplikasi terbatas teknologi stealth yang mengurangi penampang radar lebih dari 70% dibandingkan dengan Su-27. MiG-35 tidak diketahui apakah juga mendapat keuntungan dari teknologi stealth serupa.

Meski dua jet tempur mampu mencapai kecepatan yang sama di sekitar 2,25 Mach, Su-35 diuntungkan dalam kemampuan terbang lebih tinggi dan jangkauan lebih jauh yang memungkinkannya menembus jauh di belakang garis musuh dan berpatroli di area yang lebih luas bahkan dengan muatan senjata penuh.  Ketinggian operasional maksimum MiG-35 sekitar 20% lebih rendah.

Meski Su-27 dan MiG-29 memiliki muatan standar masing-masing 8 dan 6 rudal, Su-35 dan MiG-35 masing-masing memperluas menjadi 12-14 dan 8 rudal. Daya tahan jauh lebih unggul berarti muatan yang lebih berat ini dapat dibawa.

Secara keseluruhan Su-35 tampaknya menjadi petarung yang lebih kuat, tetapi  MiG-35 mempertahankan sejumlah keunggulan kritis yakni soal uang. Biaya operasional pesawat tempur dilaporkan di bawah 20% dari MiG-29  menjadikannya salah satu pesawat tempur termurah di dunia yang beroperasi.

Biaya akuisisi pesawat yang lebih rendah, memungkinkan operator untuk mengerahkan pesawat tempur dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada Su-35 dan untuk melatih pilot yang terampil dengan biaya minimal.

Persyaratan pemeliharaan MiG-35 yang lebih rendah memungkinkannya untuk menghasilkan lebih banyak sorti dalam periode waktu tertentu, dan dengan demikian mempertahankan keberadaan yang lebih lama dan banyak di udara.

Hanya saja, lebih sedikit waktu di darat, dikombinasikan dengan kemampuannya untuk beroperasi dari landasan pacu yang lebih pendek termasuk landasan darurat, membuatnya lebih rentan terhadap serangan udara di pangkalan udara dibandingkan Su-35 yang lebih berat.

 

Pada akhirnya Su-35 dan MiG-35 berbagi banyak konsep desain dan teknologi yang serupa, tetapi dimaksudkan untuk peran yang berbeda dengan masing-masing memiliki kelebihan.

Su-35 adalah platform kelas atas yang lebih dapat diandalkan untuk menghadapi armada kelas berat elit seperti Raptor, tetapi MiG-35 juga memiliki banyak keunggulan. Rusia mengklaim jet tempur ini bisa mengimbangi jet tempur berat barat dan unggul dibandingkan jet tempur sekelas seperti Gripen-E, F-16V, F/A-18E dan Rafale.

Fokus Rusia yang lebih besar pada pesawat tempur kelas berat memberikan masa depan Su-35 memang lebih cerah. Ini seperti nasib MiG-29 ketika Soviet lebih memilih Su-27. Namun di pasar ekspor, MiG-35 kemungkinan akan lebih menarik banyak peminat.