C-5 Galaxy, Raksasa Gila dari Amerika

Misi Penting

C-5 Galaxy pertama terbang pada 30 Juni 1968, dan segera mulai menerbangkan jalur transpasifik dari California ke Asia Tenggara, mendukung Perang Vietnam. Pada tahun 1973  C-5 adalah tulang punggung dari pengiriman udara darurat ke Israel, yang diserang sejumlah negara.  Airlift, dijuluki Operasi Nickel Grass Nikel, melihat C-5 untuk pertama kalinya terbang non stop sepuluh jam dengan pesawat pertama mengirimkan 194.000 pon pasokan. Selama 145 sorti, C-5 menerbangkan total 21.600.000 pon persediaan, termasuk tank dan helikopter, ke sekutu utama Amerika tersebut.

C-5 menerbangkan kargo selama Perang Dingin, khususnya ke Eropa untuk latihan tahunan NATO. Pada tahun 1990 berpartisipasi dalam operasi udara dan sealift yang mendukung Operation Desert Shield, upaya untuk melindungi Arab Saudi dari Irak.

Beberapa bulan kemudian, C-5 berpartisipasi dalam Operasi Badai Gurun untuk membebaskan Kuwait dari cengkeraman Saddam Hussein. Kedua kedua kampanye ini melibatkan pesawat udara terbesar dalam sejarah.

Selain Desert Storm dan Desert Shield, C-5 ikut serta dalam operasi militer dan pemeliharaan perdamaian di Balkan, Haiti, dan Panama. Setelah serangan 9/11, C-5 mengangkut kargo ke negara-negara tetangga Afghanistan, dan kemudian ke Afghanistan sendiri setelah lapangan terbang yang sesuai telah diamankan. C-5 sering menemani presiden Amerika, membawa kendaraan iring-iringan presiden sebelum Air Force One.

C-5 bisa membawa Pesawat Luar Angkasa. Angkatan Udara mengubah dua C-5A menjadi C-5C, memodifikasi mereka untuk membawa “kontainer ruang angkasa” yang mengangkut satelit dan muatan lainnya dengan aman. C-5C juga dapat membawa seluruh roket Atlas IIA dan bagian-bagian dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Galaxy juga telah terbang ke Antartika. Pada tahun 1989, C-5 terbang ke Lapangan Terbang McMurdo untuk mendukung Operation Deep Freeze, pasokan tahunan pemerintah Amerika untuk para ilmuwan yang mempelajari benua beku tersebut.

C-5 mengangkut 72 orang dan 84 ton kargo, termasuk dua helikopter UH-1N Huey. Landasan es, yang terletak di Rak Es Ross, memiliki panjang 10.000 kaki, lebar 350 kaki, dan setidaknya 7 kaki tebal.

Meluncurkan Rudal

Transportasi super-berat Lockheed ini bahkan pada satu titik dievaluasi sebagai kendaraan peluncuran untuk rudal balistik antarbenua.

Pada 1974, pesawat Zero One Four membawa rudal Minuteman I seberat 43 ton. Minuteman I biasanya disimpan dan diluncurkan dari kompleks silo di Midwest, tetapi Angkatan Udara sedang menyelidiki skema pangkalan alternatif.

Pada titik tertentu, seseorang bertanya: Bagaimana jika kita bisa meluncurkan Minuteman I tidak dengan silo, yang dipasang di tanah tetapi dengan pesawat terbang yang terbang di atas Amerika Serikat?.

Pada 24 Oktober 1974 di ketinggian 20.000 kaki di atas Samudra Pasifik, Zero One Four membuka pintu kargo belakangnya dan rudal panjang yang ramping meluncur keluar. Pesawat itu bergetar— kru menggambarkannya mirip dengan “membuang gerobak penuh air”.

Sebuah parasut memperlambat jatuhnya rudal dan kemudian motor bahan bakar roket menyala, mengirim rudal nuklir melonjak tinggi ke awan.

Galaxy C-5 juga mendukung program rahasia. Pesawat siluman yang dibangun khusus pertama di dunia, pesawat demonstrator Have Blue, diterbangkan dari fasilitas Lockheed di Burbank, California di tengah malam dan dibawa pergi untuk tes penerbangan di gurun Nevada. C-5 dapat mengangkut seluruh pesawat tanpa harus membongkarnya.

Pesawat tempur siluman F-117A Nighthawk, pesawat tempur stealth operasional pertama, juga dirahasiakan dan diterbangkan dari California selatan ke Groom Lake, Nevada.

C-5 /Combat Aircraft

Pesawat Yang Lebih Modern

Mungkin versi paling liar dari Galaxy C-5 tidak pernah muncul. L-500 dibayangkan sebagai pesawat sipil dengan ruang untuk 844 penumpang yang menakjubkan, 50 persen lebih banyak dari Airbus 380 saat ini.

Tetapi sebagai pesawat militer, C-5 dibangun untuk kinerja, bukan keterjangkauan dan efisiensi bahan bakar, dan pesawat akan terlalu mahal untuk terbang sebagai jet komersial. Meskipun ada minat dari maskapai besar, L-500 secara ironis keluar dari pasar sipil dan dikalahkan Boeing 747 yang dikalahkan Galaxy di pasar militer.

Terlepas dari kemampuan komersialnya yang terbatas, Galaxy C-5 tetap kuat setengah abad setelah penerbangan pertamanya. Meskipun bukan lagi pesawat terbesar di dunia  karena kalah dengan Antonov An-225 “Mriya”, masih ada 56 C-5 yang masih terbang.

Banyak dari pesawat ini telah ditingkatkan ke standar C-5M dengan mesin komersial F138 baru dengan peningkatan daya, efisiensi dan keandalan bahan bakar, kokpit menggunakan LCD, sistem autopilot baru, navigasi GPS, dan sistem navigasi inersia, sistem kontrol penerbangan segala cuaca, dan instrumen instrumen penerbangan dan engine baru.

C-5 adalah pesawat yang sangat besar dengan peran historis yang besar dan telah menjadi representasi kekuatan militer Amerika. C-5M Super Galaxy diproyeksikan akan tetap beroperasi hingga setidaknya 2040, di mana pada saat itu akan ada permintaan untuk pesawat yang lebih baru, bahkan mungkin lebih besar.