F-14 Tomcat, Legenda Sang Petarung Langit

The F-14 and the F/A-18
The F-14 and the F/A-18

Pensiun

Pada tahun 1980, Tomcat mencapai akhir masa pakainya dan mulai ditinggalkan. Tapi upgrade besar memastikan pesawat ini berada di puncak permainan selama lebih dari dua dekade. F-14 sempat dilakukan upgrade besar yang kemudian melahirkan Super Tomcat dengan avionik canggih dan perbaikan kinerja.

Tetapi Super Tomcat yang diusulkan Grumman ditolak Angkatan Laut karena terlalu mahal dan Angkatan Laut AS telah memutuskan untuk pergi dengan F / A-18 guna menggantikan armada F-14. F / A-18 melakukan pekerjaan Tomcat dengan biaya sepertiga lebih murah.

Pensiun F-14 dimulai pada tahun 90-an dan semua pesawat akhirnya pensiun pada tahun 2006 dan digantikan oleh F / A-18 Hornet dan Super Hornet.

Kerap kali terdengar pendapat bahwa “Angkatan Laut AS membuat kesalahan besar dengan pensiun Tomcat”. Namun pada kenyataannya tidak seperti itu. Ada alasan jelas kenapa Tomcat harus pensiun. Pesawat tempur, sehebat apapun kemampuan yang pernah dicapai tetap ada kelemahan.

The F/A-18 was smaller, lighter, cheaper and better
The F/A-18 was smaller, lighter, cheaper and better

F-14 yang berukuran besar harus tunduk pada kekuatan besar yang di perlukan selama take-off dan pendaratan di kapal induk yang membutuhkan tekanan tinggi pada badan pesawat. Hal ini membatasi umur kehidupan pelayanan mereka hanya 20 tahun jika dibandingkan dengan pesawat tempur Angkatan Udara yang dengan mudah melayani sampai 30 tahun.

Selain itu Perang Dingin telah berakhir dan Angkatan Laut Amerika Serikat mencari alternatif yang lebih murah yang bisa melakukan pekerjaan lebih fleksibilitas. Super Tomcat yang diusulkan adalah pesawat kinerja sangat tinggi, tetapi Super Hornet mengalahkan mereka dalam hal biaya operasional dan menawarkan kemampuan multi-peran yang lebih baik. Dengan badan yang lebih kecil jumlah super Hornet yang dibawa kapal induk juga akan lebih banyak dibandingkan Tomcat.

The unique shape of the F-14 allowed it to be packed on the deck
The unique shape of the F-14 allowed it to be packed on the deck

Lalu apa yang terjadi setelah 400 F-14 pensiun? Semua pesawat tidak dihapus. Sebagian besar pesawat ini dicabut peralatan yang sensitif dan ditampilkan di museum, tugu peringatan dan pangkalan militer di seluruh Amerika Serikat.

Sejumlah kecil dilucuti dan disimpan dalam penyimpanan cadangan dalam kasus situasi darurat mereka bisa membawa F-14 hidup kembali.

Tetapi jika Anda ingin melihat F-14 dalam aksi, Iran adalah satu-satunya pilihan untuk saat ini. Ini adalah bagaimana tempur paling terkenal dari Angkatan Laut AS mengakhiri kehidupan suskesnya.