10 Pesawat Kargo Militer Terbesar di Dunia

Antonov An-22 (Rusia)

Ab-22 adalah pesawat turboprop terbesar di dunia. Pada saat diperkenalkan pada tahun 1965 dia adalah pesawat terbesar di dunia. An-22 digunakan secara luas dalam angkutan udara militer Uni Soviet. Namun pesawat tersebut tidak pernah diproduksi dalam jumlah besar.

Pesawat ini memiliki kapasitas muatan 80 ton dan dapat membawa empat kendaraan tempur BMD-2. Pesawat bisa beroperasi dari lapangan udara yang tidak siap serta bisa lepas landas dan mendarat di tanah.

Saat ini hanya 6 pesawat ini yang beroperasi dengan Angkatan Udara Rusia. Sementara 18 pesawat berada dalam gudang penyimpanan.

Antonov An-22 mengungguli Boeing C-17 Globemaster III dalam daftar ini. Secara teknis pesawat ini sedikit lebih besar dan bisa membawa bobot sedikit lebih. Meskipun C-17 adalah mesin yang jauh lebih baru dan jauh lebih canggih.

USAF

Boeing C-17 Globemaster III (Amerika)

Boeing C-17 Globemaster III juga menjadi pekerja keras USAF dengan menerbangkan kekuatan strategis  ke seluruh dunia. Pembangunan pesawat angkut berat ini dimulai pada tahun 1980an dan membuat penerbangan pertamanya pada tahun 1991 serta mencapai kemampuan operasional awal pada tahun 1995.

Pesawat ini menggantikan Lockheed C-141 StarLifter. Sebanyak 250 pesawat ini dibangun dan  digunakan oleh Angkatan Udara Amerika serta beberapa negara lain di seluruh dunia.

Airlifter ini memiliki kapasitas muatan  76,6 t. Pesawat ini bisa membawa tank M1A2 Abrams, atau tiga kendaraan lapis baja Stryker 8×8, atau tiga helikopter AH-64 Apache, atau platform air-droppable hingga berat 49,8 t. Bisa juga membawa campuran kargo dan kendaraan palletized.

C-17  dapat beroperasi dari lapangan udara yang sebelumnya tidak bisa digunakan pesawat bertenaga jet. Jika diperlukan, dapat beroperasi dari landasan pacu yang tidak beraspal.

NEXT