10 Pesawat Terkenal Yang Dilahirkan Jepang

Jepang memiliki sejarah besar dalam kemampuan membangun pesawat. Ketika Perang Dunia II, sejumlah pesawat tempur mereka sangat disegani.

Setelah perang berakhir, kemampuan tersebut tetap terjaga meski terbatas dalam pembangunan jet tempur. Sejumlah proyek pembangunan pesawat baik sipil maupun komersial di Negara ini juga mencatat sukses. Dan inilah 10 proyek pesawat yang bisa dikatakan paling top.

0

NAMC YS-11

Diproduksi oleh NAMC, YS-11 adalah pesawat komersial terbaru Jepang sebelum Mitsubishi Aircraft MRJ memasuki pembangunan. Produksi jenis twin-turboprop berhenti 40 tahun yang lalu, dan diperkirakan masih ada 17 yang tersisa. Sebanyak 15 di antaranya diterbangkan oleh militer Jepang, sementara dua lainnya digunakan oleh Alcon di Meksiko.

2

Mitsubishi Aircraft MRJ

Diluncurkan  di Nagoya pada tanggal 18 Oktober 2015. Pesawat regional Mitsubishi Aircraft berkapasitas  maksimum 96 tempat duduk.  Varian lain akan segera menyusul.

3

HondaJet HA-420

Dengan   mesin striking over-the-wing-mounted dan penampilan ramping,  jet bisnis HondaJet HA-420 saat ini terbang menuju sertifikasi di Amerika Serikat, dengan empat prototipe dan contoh produksi pertama setelah mengumpulkan lebih dari gabungan 2.000 jam terbang.

4

 Mitsubishi F-2

Mitsubishi Heavy Industries  F-2  terlihat mirip dengan  Lockheed Martin F-16  karena perusahaan mengembangkan jenis dalam negeri bekerjasama dengan produsen AS.  Angkatan Udara Jepang saat ini  memiliki 63 pesawat model A  dan 15  F-2B yang merupakan varian dua kursi.

Proses produksi pesawat sudah berhenti dan kemudian untuk jet tempur dalam negeri akan dilanjutkan dengan  proyek pesawat tempur   ATD-X,   dari Mitsubishi yang disebut  Shinshin. Model demonstrasi pesawat sudah muncul awal 2014.

5

ShinMaywa US-2

Amfibi Shinmaywa US-2   adalah pesawat pencarian dan penyelamatan aset dioperasikan oleh Angkatan Laut Jepang . Didukung oleh mesin Rolls-Royce AE turboprop 2100.  US-2 adalah generasi baru untuk pengganti Shinmaywa sebelumnya US-1.

6

Kawasaki P-1

Kawasaki Heavy Industries telah mengembangkan jet-powered-P 1 sebagai pengganti   untuk armada besar Jepang dari Lockheed Martin P-3C Orion pesawat patroli maritim. Maritime Self-Defence Force   sejauh ini telah menerima dua  pesawat pengembangan dan lima pesawat produksi.

7

Mitsubishi MU-2

Mitsubishi MU-2 adalah pesawat sayap tinggi, tipe twin-turboprop dengan kapasitas  hingga 12 penumpang, serta kru dua orang. Pertama diterbangkan pada tahun 1963, pesawat tetap aktif digunakan dengan jumlah diperkirakan   287 masih beroperasi

8

Mitsubishi MU-300 Diamond

Setelah sukses dengan dengan MU-2, Mitsubishi melangkah lebih jauh, dengan mengembangkan jet bisnis MU-300 Diamond. Pesawat ini membuat debut penerbangan pada tahun 1978, tetapi perusahaan kemudian  menjual  semua hak pesawat ini kepada perusahaan Amerika  Beechcraft, yang kemudian memunculkan   Beech 400.

Dari 56   versi asli Mitsubishi-dibangun  masih aktif digunakan, termasuk 44 yang dioperasikan di USA. Hanya satu tetap digunakan di Jepang

9

Mitsubishi A6M “Zero”

Tidak bisa  menghilangkan ikon Mitsubishi A6M “Zero”, untuk masuk dalam 10 proyek pesawat Jepang paling terkenal. Laporan arsip Penerbangan Internasional tentang jenis – ditulis pada tahun 1943 – membahas evaluasi AS terhadap pesawat ini dari sebuah pesawat yang berhasil disita dari  Jepang.

Pilot AS melaporkan bahwa Zero memiliki tingkat pendakian yang baik,   sangat bermanuver dan sangat ringan, tetapi tidak memiliki baju besi pelindung dan memiliki instrumen hanya sederhana. Lebih dari 11.000 yang diproduksi, di beberapa varian.

Kawasaki C-2

Untuk mengganti pesawat angkut Angkatan Udara Jepang   C-1  , dikembangkan C-2  yang merupakan hasil dari program dalam negeri oleh Kawasaki. Memiliki kemiripan dengan  Boeing   C-17, tetapi  didukung oleh dua mesin turbofan. Kapasitas muatan maksimum pesawat ini diperkirakan sekitar 37 ton. Sama dengan Airbus A400M.