Lima Keturunan Flanker Terbaik

Su-27 Flanker memasuki layanan di Angkatan Udara Soviet dari tahun 1985 sebagai platform superioritas udara.

Jet tempur kelas berat mesin kembar ini dirancang untuk unggul dalam pertempuran udara ke udara dengan petarung elite Blok Barat – yaitu Angkatan F-14 Tomcat dan F-15 Eagle.

Mampu mengakomodasi radar besar N001 dengan bobot lebih dari 300kg yang merupakan teknologi mutakhir, pesawat ini mampu tidak hanya mampu dalam pertempuran jarak jauh tetapi juga sebagai dogfighter. Hal ini didukung dengan kinerja penerbangan yang luar biasa, tingkat pendakian yang tinggi, ketinggian yang tak tertandingi dan kemampuan manuver kecepatan rendah.

Sementara  F-15 dapat bermanuver sedikit lebih baik pada kecepatan tinggi dan lebih cepat namun Flanker mengimbangi dengan persenjataan yang lebih berat, jarak yang lebih jauh, rasio dorong / berat yang unggul dan tingkat pendakian yang lebih baik yang difasilitasi oleh mesin turbofan AL-31F yang lebih kuat.

Desain Flanker telah dimodernisasi secara signifikan sejak dan tetap diproduksi di lebih dari setengah lusin varian canggih, dengan lebih dari 500 digunakan Angkatan Udara China saja  dan beberapa ratus lagi ada di Angkatan Udara Rusia dan yang lain tersebar di sejumlah negara.

Flanker telah membuktikan desain yang sangat serbaguna, dan telah dimodifikasi untuk berbagai peran mulai dari serangan darat hingga jet tempur berbasis kapal induk.

Flanker  juga telah menurunkan berbagai jet tempur lain yang mewarisi keunggulannya. Dan inilah turuna Flanker terbaik yang ada sekarang ini:

J-11D

Shenyang J-11B memasuki layanan Angkatan Udara China pada pertengahan 1990-an sebagai analog Su-27M dengan avionik, bahan komposit, dan sistem peperangan elektronik yang lebih maju daripada Flanker asli.

Desain J-11D meningkat pesat dari varian J-11 yang lebih tua yang mencerminkan kemajuan besar yang telah dicapai oleh penerbangan militer China selama dua dekade terakhir. Mungkin program J-11D yang saat ini masih dalam tahap prototipe sebagai desain pesawat tempur generasi keempat yang paling ambisius. Program ini bertujuan untuk memberikan China analog dengan Su-35 Rusia. Pesawat tempur baru ini akan mengintegrasikan banyak teknologi yang dikembangkan untuk pesawat tempur generasi kelima J-20 China, memanfaatkan beberapa bahan komposit terbaru untuk badan pesawat yang lebih ringan dan lebih kuat, radar AESA yang kuat dan penampang radar yang lebih rendah. Jet mempertahankan akses ke berbagai amunisi udara ke udara yang kuat seperti PL-15 dan PL-XX.

Teknologi mesin China juga telah mengalami kemajuan pesat, dan negara ini adalah satu-satunya negara selain Rusia yang telah mengintegrasikan mesin thrust vectoring tiga dimensi ke pesawat terbang. Mesin WS-15 yang akan datang dimaksudkan untuk diintegrasikan ke varian Chengdu J-20 juga akan dibenamkan ke J-11D hingga akan menambah kemampuan jet  tempur ini.

Pesawat tempur ini juga menggunakan profil pengurang penampang radar dan pelapisan siluman canggih, yang sangat berguna untuk pertarungan di luar jangkauan jangkauan visual. Pesawat tempur ini dimaksudkan untuk dapat saling berhadapan dengan semua jet tempur yang ada hingga  termasuk  siluman F-35 dan F-22 Amerika. Varian berbasis kapal induk dari J-11D juga diharapkan untuk memasuki layanan sebagai J-15B, dan akan mengintegrasikan banyak teknologi canggih.

Su-35

Memasuki layanan pada tahun 2014, Su-35 adalah platform superioritas udara kursi tunggal Rusia pertama yang memasuki produksi massal sejak Su-27 pada tahun 1985 . Jet tempur ini jelas jauh lebih baik dari nenek  moyangnya.

Peningkatan pesawat tempur yang paling menonjol adalah mesin AL-41 yang lebih kuat – yang merupakan yang pertama di dunia dengan kapabilitas vektor tiga dimensi.

Pesawat juga memiliki bobot lebih ringan karena penggunaan bahan komposit dan lebih rendah pemeliharaannya. Selain itu juga dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik baru dan avionik, serta radar pasif Irbis-E. Pesawat tempur mendapat manfaat dari aplikasi teknologi stealth yang terbatas, dengan penampang radar di bawah sepertiga dari Flanker asli, dan kompatibel dengan rudal jarak jauh yang lebih baru, terutama termasuk rudal hipersonik R-37M dengan jangkauan 400 km.

Su-35 menjadi jet tempur Rusia pertama yang dikonfirmasikan dilengkapi dengan rudal diapandu radar R-77.  Total pesawat ini mampu membawa 14 rudal berbagai jenis.

Didesain untuk saling berhadapan dengan F-22 Raptor, Su-35 mewakili peningkatan besar pada desain Flanker asli dan proses produksinya kemungkinan akan terus berlanjut mungkin melampaui pertengahan 2020-an.

J-16

Memasuki layanan satu tahun sebelum Su-35 pada 2013, J-16 mewakili peningkatan besar atas desain Flanker China sebelumnya dan merupakan platform twin seat. Jet tempur ini mampu melakukan misi pertemuran udara dan serangan darat.

Pesawat dengan dua tempat duduk, ini mampu memberikan berbagai amunisi udara ke darat jarak dekat dan jarak dekat  serta mengintegrasikan kemampuan canggih untuk pertempuran jarak jauh.

Pesawat saat ini merupakan satu-satunya turunan Flanker yang menggunakan radar AESA, yang dikombinasikan dengan lapisan siluman yang semakin canggih.

Generasi baru dari rudal udara ke udara berkinerja tinggi yang dibawanya membuat J-16 sangat mematikan bagi pesawat musuh. J-16 dilaporkan memiliki rudal udara ke udara jarak jauh yang sangat besar yang tidak disebutkan namanya yang dirancang untuk menargetkan pesawat pendukung seperti tanker dan AWACS pada jarak yang sangat ekstrem.

Dipasangkan dengan sensor kuat, kemampuan siluman terbatas dan kinerja penerbangan tinggi, memungkinkannya berfungsi sebagai ‘pemburu tanker’ yang efektif  yang sangat berharga mengingat pentingnya pesawat pendukung untuk perang di kawasan Asia-Pasifik yang sangat luas.

Su-34

Memasuki layanan bersama Su-35 pada awal 2014, Hellduck Su-34 mewakili penyimpangan paling radikal dari desain Flanker asli di antara turunannya.

Su-34 adalah pesawat tempur kelas atas dengan kemampuan pertahanan udara ke udara sekunder di mana Flanker asli dirancang hampir secara eksklusif untuk keunggulan udara.

Pesawat ini dapat mengerahkan berbagai rudal ke darat, anti radiasi, dan anti kapal termasuk rudal jelajah jarak jauh  Kh-101  yang memiliki kisaran perkiraan hingga 5.500 km sehingga menjadikannya rentang serangan terpanjang untuk semua jet tempur di dunia.

Beberapa amunisi tangguh lainnya yang dapat dikirimkan Hellduck termasuk Kh-65Se dan Kh-SD dengan jarak tempuh 600 km, Kh-41 Mach 3, Kh-31A 3.5 Mach dan Kh-35U dengan rentang serangan 300 km. Selain itu juga membawa rudal P-800.

Pesawat ini mengintegrasikan tiga sistem penanggulangan elektronik canggih, Khibiny, SAP-14 dan SAP-518, yang telah diuji tempur di Suriah dan secara serius meningkatkan kemampuan bertahan.

Su-34 tidak memiliki kemampuan manuver dan ketinggian operasional yang tinggi dibanding Flanker lainnya, dan meskipun memiliki akses ke rudal udara ke udara kelas atas seperti R-77, ia sangat khusus dalam peran udara ke darat dan anti kapal.

AL-31F M2 yang digunakan Su-34 adalah mesin  paling kuat yang diintegrasikan ke dalam turunan Flanker, dan juga digunakan oleh batch awal pesawat tempur siluman J-20 China.  Su-34 sangat hemat biaya dan kemampuannya unik di antara varian Flanker, dan tingkat produksinya telah melampaui Su-35 meskipun baru untuk Rusia dan belum diekspor.

Su-30SM

Varian paling canggih dari Su-30, turunan kursi kembar yang lebih baik dari Su-27 yang dirancang untuk untuk memiliki kemampuan udara ke udara yang lebih kuat.  Su-30SM jauh lebih mampu daripada desain asli yang memasuki layanan 1996

Para jet tempur mengintegrasikan radar N011M Bars yang memberikan jangkauan deteksi 400km terhadap target berukuran tempur. Ini adalah radar paling kuat yang diintegrasikan ke pesawat tempur Rusia selain Irbis-E  dan dilaporkan mampu memberikan serangan bahkan terhadap sasaran tersembunyi.

Avionik canggih termasuk heads up display, dan sistem peperangan elektronik canggih, juga terintegrasi, membuat jet generasi 4+ ini sangat mematikan di pertempuran luar jangkauan visual ketika digabungkan dengan sepuluh atau lebih misil udara ke udara dan sistem peperangan elektronik modern.

Pesawat ini mungkin yang paling hemat biaya dalam produksi di Rusia saat ini, dan sedang diproduksi dalam jumlah besar baik untuk ekspor dan untuk Rusia.  Suatu program untuk meningkatkan desain menjadi pesawat tempur generasi 4 ++  yang lebih setara dengan Su-35 juga sedang dipertimbangkan, meskipun masalah biaya dapat mencegah hal ini.

Peningkatan akan mencakup integrasi mesin turbofan AL-41FS Su-35 untuk kemampuan manuver yang unggul dan radar Irbis-E untuk kesadaran situasional yang lebih besar. Namun dengan teknologi yang saat ini dibawa,  Su-30SM tetap berada di lingkaran elite jet-jet tempur terbaik di dunia.