Gulfstream G700, Jet Pribadi Terbesar di Dunia

Gulfstream pada Oktober 2019 lalu meluncurkan G700 yang menurut perusahaan menjadi pesawat terbesar di industri jet pribadi saat ini.

Presiden Gulfstream, Mark Burns mengatakan Gulfstream G700 mengambil elemen-elemen terbaik dari produk-produk kami yang paling inovatif dan menyatukan mereka dengan kemajuan mutakhir untuk menciptakan pesawat terbang teknologi canggih yang memberi keamanan, kenyamanan, dan jangkauan dengan kecepatan.

Jet dapat beroperasi di landasan pacu pendek, weight-restricted serta ketinggian tinggi  merupakan puncak dari hampir 14.000 jam tes yang menggabungkan lima pesawat uji menjadi satu jet produksi. Didukung oleh dua mesin Rolls-Royce Pearl 700.

Gulfstream

Sebagaimana dilaporkan Business Insider  G700 memiliki kabin tertinggi, terlebar, dan terpanjang di industri jet pribadi. Panjang kabin adalah 56 kaki dan 11 inci, tidak termasuk area bagasi 195 kaki kubik. Tingginya enam kaki dan tiga inci, dan lebar delapan kaki dan dua inci. Spesifikasi luas ini memungkinkan jet untuk menampung hingga 19 penumpang dan tidur hingga 10.

Gulfstream

Ada juga ruang makan opsional enam tempat yang berfungsi sebagai ruang konferensi, yang dapat digunakan dengan WiFi Jet ConneX Ka-band.

Fasilitas mewah lainnya termasuk sistem pencahayaan sirkadian di sekitar pesawat yang menciptakan nuansa matahari terbit dan terbenam melalui lampu LED putih dan kuning. Pembuat pesawat mengklaim ini dapat mengurangi jet lag setelah terbang lama.

Gulfstream

“Gulfstream memiliki tradisi panjang dalam mendengarkan pelanggan kami, dan kabin G700 adalah evolusi dari kolaborasi itu,” kata Burns.

Qatar Airways, yang sudah memiliki 11 pesawat Gulfstream, telah memesan 10 G700 untuk digunakan dalam bisnis layanan  jetpribadi Qatar Executive.

“Kami sangat senang menjadi pelanggan peluncuran G700, jet bisnis terbesar di industri ini, dan berharap  pesawat  bergabung dengan armada kami,” kata CEO Qatar Airways Akbar Al Baker dalam pernyataannya.

Gulfstream

“Pelanggan Qatar Executive memiliki standar yang sangat tinggi, dan pesawat ini akan membantu kami memenuhi persyaratan dengan memberikan kinerja yang tak tertandingi yang melengkapi keunggulan kami dalam layanan pelanggan.”

Flexjets adalah pelanggan pertama G700 di Amerika Utara dengan memesan sejumlah unit yang tidak diungkapkan.

Gulfstream

Reuters melaporkan harga satu pesawat mencapai US$ 75 juta atau sekitar Rp1 triliun .  Kisaran pesawat terbaik di kelasnya dapat terbang 7,5000 mil laut di 0,85 Mach, atau 6,4000 mil laut di 0,90 Mach. Gulfstream mengklaim kemampuan G700 untuk terbang di 0,90 Mach akan membantu pemilik menghemat uang untuk perawatan, suku cadang, dan  kru. Untuk pembeli yang telah memesan, pengiriman G700 akan dimulai pada 2022