Pesawat Yang Paling Banyak Digunakan Pemimpin Negara

Sejumlah besar pemimpin internasional terkemuka juga memiliki pesawat transportasi eksekutif. Boeing 747 jumbo jet adalah pilihan populer bagi banyak negara termasuk China, India, dan Korea Selatan, dan, sampai saat ini, Jepang. Sementara Airbus A330 dan A340 juga biasa ditemukan di armada kepresidenan.

Berikut adalah pesawat-pesawat yang digunakan oleh para pemimpin dunia, entah itu presiden, kanselir ataupun perdana menteri.

Air Force One / Popular Mechanics

Amerika Serikat

Boeing VC25 bisa dibilang pesawat jet paling terkenal di dunia, meskipun kebanyakan orang lebih mengenal sebagai Air Force One. Padahal sebutan ini sebenarnya hanya berlaku ketika Presiden Amerika berada di dalamnya.

Air Force One seperti menjadi simbol terbang kekuatan militer dan ekonomi Amerika. Dengan warna biru, putih, dan perak, Air Force One seperti menandakan kedatangan orang paling kuat di dunia.

Amerika memiliki sepasang pesawat ini masing-masing dengan nomor ekor 28000 dan 29000. Tapi entah mana yang digunakan, ketika Presiden Amerika ada di dalamnya maka pesawat itu langsung disebut sebagai Air Force One. Sebutan ini mulai digunakan mulai 1959.

Menggunakan dua Boeing VC25 yang merupakan versi modifikasi dari pesawat Boeing 747-200 dan mulai digunakan tahun 1990 dan penggantinya sedang dibangun. Pesawat baru akan didasarkan pada Boeing 747-8 Intercontinental dan diharapkan selesai pada tahun 2024.

Dalam beberapa kesempatan, Presiden Amerika juga menggunakan pesawat C-32 yang juga berbasis Boeing 757-200. Presiden Amerika juga menggunakan helikopter khusus yang diterbangkan Marinir dan disebut sebagai Marine One.

Rusia

Dalam perjalannya Presiden Rusia Vladimir Putin menggunakan Ilyushin IL-96-300PU yang banyak dimodifikasi.

Selain itu juga memiliki armada pesawat yang lebih kecil berdasarkan pesawat Tupolev TU-214.

Jerman

Armada Kanselir Jerman mencakup sepasang pesawat Airbus A340-300 yang dimodifikasi yang diterbangkan Lufthansa.

Armada Jerman juga dilengkapi dengan beberapa jet eksekutif berbasis keluarga Airbus A320.

China

China tidak memiliki jet kepresidenan yang benar-benar bekerja penuh waktu. Sebagai gantinya, pesawat ini menggunakan pesawat Boeing 747-400 yang ditarik dari armada Air China.

Namun, dengan semakin bertambah tuanya 747-400, Beijing dilaporkan sedang mengerjakan salah satu dari konversi pesawat 747-8 milik Air China menjadi jet kepresidenan penuh waktu.

Jepang

Sejak 1993, pesawat pilihan Perdana Menteri Jepang adalah sepasang Boeing 747-400 yang dimodifikasi. Namun, duo ini akan digantikan tahun ini oleh sepasang Boeing 777-300ER baru.

Salah satu dari dua Air Force One Jepang baru-baru ini ditawarkan untuk dijual ke publik dengan harga US$ 28 juta.

Prancis

Jet Presiden Prancis adalah Airbus A330-200 eks-Swissair yang telah dikonversi menjadi transportasi VIP.

Armada kepresidenan Prancis juga mencakup beberapa Airbus A310-300 dan Airbus A340-200.

Inggris

Transportasi resmi Perdana Menteri Inggris adalah Airbus A330MRTT milik Royal Air Force yang telah dilengkapi dengan 58 kursi kelas bisnis.

Pesawat itu dikonversi untuk tugas VIP pada tahun 2015 tetapi masih dapat berfungsi sebagai pesawat tanker pengisian bahan bakar ketika tidak dalam tugas utamanya. Bahkan beberapa kali ketika membawa perdana menteri, pesawat ini juga melakukan pengisian bahan bakar di udara pada jet tempur.  Sebelum 2015, Perdana Menteri Inggris mencarter jet komersial untuk kunjungan kenegaraan.

Korea Selatan

Presiden Korea Selatan melakukan kunjungan kenegaraan menggunakan Boeing 747-400 yang dikonversi dan disewa dari Korean Air.

Brasil

Pesawat utama Presiden Brasil adalah pesawat yang berbasis Airbus A319. Armada kepresidenan Brasil juga memiliki beberapa transportasi VIP Embraer yang diproduksi di dalam negeri.

Kanada

Perdana Menteri Kanada menerbangkan armada Airbus A310-300 yang dimodifikasi dan dijuluki CC-150 Polaris.

Polandia

Armada kepresidenan Polandia menampilkan berbagai transportasi VIP baru termasuk Embraer E-Jets, Gulfstream G550s, dan Boeing 737 BBJs.

India

Perdana Menteri India secara tradisional terbang dengan pesawat Boeing 747-400 Air India yang dioperasikan oleh Angkatan Udara India. Namun, jet jumbo yang menua ini dilaporkan akan diganti oleh Boeing 777-300ER yang baru.

Turki

Armada kepresidenan Turki adalah salah satu yang paling mengesankan di dunia.  Armada mencakup berbagai pesawat komersial berbadan lebar yang telah dikonversi menjadi transportasi VIP termasuk Airbus A330-200….

Airbus A340-500 dan…

sebuah jet pribadi Boeing 747-8I  yang merupakah hadiah dari pemerintah Qatar.

Korea Utara

Transport VIP resmi Korea Utara adalah jet era Soviet Ilyushin IL-62M. Namun, kepemimpinan Korea Utara baru-baru ini menggunakan kereta api dan pesawat yang disediakan oleh China yang melawat ke luar negeri.

Pantai Gading

Armada kepresidenan Pantai Gading mencakup jet perusahaan Airbus A319.

Iran

Transportasi VIP terbaru Presiden Iran adalah Airbus A340-300 yang pernah terbang dengan Air Canada dan Turkish Airlines.

Australia

Armada Perdana Menteri Australia mencakup beberapa Boeing 737 BBJ. Namun, Airbus A330MRTT Royal Australian Air Force dilaporkan sedang dikonversi menjadi transportasi VIP jarak jauh.

Indonesia

Presiden Indonesia menggunakan Boeing Business Jett 2 yang dimodifikasi. Pesawat dibeli pada era SBY seharga Rp 847 miliar. Sebelum ada pesawat ini presiden Indonesia menyewa pesawat Garuda Indonesia untuk perjalanan baik di dalam maupun di luar negeri..