20 Pesawat Sipil Paling Ikonik Selama 50 Tahun Terakhir

Selama 50 tahun terakhir banyak pesawat yang lahir dan terbang di berbagai penjuru langit .

Beberapa di antara mereka benar-benar ikonik langit. Bisa karena ukurannya, teknologinya, atau kemampuan lain.

Setidaknya ada 20 pesawat paling ikonik dalam 50 tahun terakhir ini. Meski sebagian sudah langka, masih ada kesempatan bagi anda yang ingin mencoba terbang dengan pesawat ini.

Berikut 20 pesawat paling ikonik selama setengah abad terakhir

ikonik DHC-6

de Havilland Canada DHC-6 Twin Otter

Penerbangan pertama: 1965

Sering digunakan sebagai pesawat komuter yang memberikan pelayanan kepada masyarakat bawah. Twin Otter adalah, pesawat kecil yang mampu melakukan pendaratan yang paling luar biasa. Sebagai contoh, ia menyediakan layanan ke pulau Karibia Saba – yang memiliki landasan komersial terpendek di dunia serta ke dekatnya Saint Barts, di mana pilot harus menjalani pelatihan khusus sebelum mereka diizinkan untuk mendaratkan salah DHC-6 ke bandara ini.

ikonik 737

Boeing 737

Penerbangan pertama: 1967

Pesawat ini sangat familiar yang masih terbang hingga saat ini. Boeing 737 adalah pesawat terlaris sepanjang masa. Sekitar 9.000 pesawat ini diproduksi yang datang dalam berbagai varian, telah dibangun sejak tahun 1967 dan ada di seluruh penjuru dunia. Hingga mendekati ulang tahun ke-50, Boeing 737 masih akan kuat: versi MAX diperbarui terbang pertama pada bulan Januari 2016 dan sudah memiliki ribuan pemesanan. Jadi masih banyak kesempatan untuk terbang dengannya.

ikonik 747

Boeing 747

Penerbangan pertama: 1969

Boeing 747 umumnya dikenal sebagai Jumbo Jet. Pesawat ini mudah dikenali, dengan dua deck pada bagian depan, membantunya mendapatkan popularitas, tapi Jumbo jet memiliki alasan lain yang menjadikannya sangat mengesankan. Kapasitasny,rentang dan kehandalannya telah menjadikannya sebagai “ratu langit” selama lebih dari empat dekade.

ikonik 747-8
Boeing 747-8,

Terlepas dari kenyataan bahwa iterasi terbaru, Boeing 747-8, belum sukses, masih ada begitu banyak Jumbos dalam pelayanan hingga kesempatan untuk terbang dengan Boeing 747 masih akan ada hingga dekade yang akan datang. Beberapa operator terbesar seperti British Airways dan Lufthansa masih mengoperasionalkan pesawat ini.

ikonik il-76

Ilyushin Il-76

Penerbangan pertama: 1971

Meskipun peran utamanya sejak memasuki layanan dengan Angkatan Udara Soviet pada tahun 1974 adalah transportasi militer, Il-76 yang mampu melakukan banyak peran lain, dari pemadam kebakaran hingga layanan penumpang. Il-76 adalah pesawat empat-mesin yang handal, mampu beroperasi dari landasan buruk, landasan pacu pendek atau drop pasukan terjun payung atau kargoo di zona perang. Sampai saat ini pesawat tersebut masih diproduksi, meskipun sangat sedikit dari mereka dalam pelayanan sebagai pesawat sipil.

Karena bergabung dengan tentara Rusia, cara termudah untuk terbang dengan Il-76 adalah pergi pada tur penerbangan Korea Utara atau berhubungan dengan Alrosa, sebuah maskapai penerbangan Rusia yang masih mengoperasikan pesawat ini. Pesawat ini juga mungkin untuk menciptakan penerbangan gravitasi nol dengan Il-76 MDK dari Moskow Star City.

NEXT