Risiko Penularan Virus di Pesawat Sangat Tinggi

ilustrasi

Ketika Anda bepergian menggunakan pesawat maka risiko untuk tertular virus seperti corona atau influenza sangat tinggi.

Ilmuwan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, pernah mengungkapkan, duduk pada jarak satu atau dua kursi di samping, belakang, atau depan dari penumpang sakit bisa membuat Anda tertular sekitar 80 persen.

Di luar radius itu, peluang Anda tertular turun menjadi hanya sekitar tiga persen, karena hembusan udara dari bersin dan batuk biasanya tidak terbang lebih jauh dari itu, menurut profesor biostatistik dan bioinformatik dari Emory University, Amerika Serikat, Vicki Stover Hertzberg.

Partikel penyebab sakit yang menyebar saat seseorang terinfeksi berbicara, bersin, batuk atau bahkan bernapas tak akan tersebar lebih dari satu meter.

Menurut dia, seperti dilansir laman Health, udara yang disirkulasi ulang dalam pesawat membuat virus lebih mungkin menyebar ke seluruh kabin adalah anggapan salah.

Namun, satu faktor yang perlu dipikirkan, adalah pramugari atau pramugara yang terus bergerak di sekitar kabin dan menyentuh makanan dan minuman.

Anggota kru yang sakit lebih kecil kemungkinannya untuk bekerja daripada yang sehat, tetapi jika mereka melakukannya, maka mereka cenderung menginfeksi 4,6 orang per penerbangan.

Business Insider mencatat, kursi di dekat jendela adalah pilihan terbaik untuk kesehatan Anda. Salah satu alasannya, lebih sedikit penumpang di kursi itu yang beranjak dari kursi selama penerbangan, yakni 43 persen, dibandingkan orang yang duduk di kursi tengah (62 persen) dan kursi di dekat lorong (80 persen).

Sebaliknya, orang yang duduk di dekat lorong merasa lebih bebas bergerak di pesawat dan ini artinya dia lebih berisiko bertemu kuman-kuman yang dibawa orang lain.

Namun, duduk di dekat jendela tak berarti sepenuhnya Anda aman dari penyakit. Partikel flu misalnya bisa menjelajah enam kaki dari orang yang terinfeksi, dan bertahan hingga 24 jam di permukaan keras.

Jadi, penting untuk membiasakan cuci tangan menggunakan air dan sabun serta menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Peneliti menghitung durasi berada di dalam pesawat empat hingga lima jam, tanpa sirkulasi udara apa pun, sebagai jangka waktu yang lama.

Hertzberg mengakui, semakin lama durasi penerbangan, semakin tinggi risiko penularan.

“Semakin lama Anda berada di udara, semakin banyak orang bergerak di sekitar; menggunakan kamar mandi, meregangkan kaki, makan,” kata dia.