USAF Bergerak Maju untuk Membeli F-15EX

Angkatan Udara Amerika bergerak maju dengan rencana untuk membeli jet tempur F-15 Eagle baru. Sebuah pesawat tempur generasi keempat yang mulai dikembangkan lebih dari 20 tahun.

Dalam pemberitahuan yang baru-baru ini diposting di situs akuisisi dan kontrak pemerintah, beta.sam.gov,  USAF mengumumkan akan memasok dua kontrak, satu untuk F-15EX dan yang lainnya untuk mesin F110.

“Air Force Life Cycle Management Center bermaksud untuk memberikan kontrak ID / IQ untuk Perusahaan Boeing guna penyegaran armada F-15C / D dan menambah armada F-15E,” demikian bunyi pengumuman. Departemen Pertahanan mengharapkan tanggapan dari Boeing pada 7 Februari.

Dalam pengumuman kedua Pusat ini juga bermaksud untuk memberikan kontrak ID / IQ lain kepada General Electric Aviation “untuk menyediakan sistem propulsi F110 untuk memenuhi persyaratan sistem senjata F-15EX,” menurut pemberitahuan kedua, yang memiliki tanggal jatuh tempo respons yang sama.

Angkatan Udara Amerika menginginkan setidaknya delapan varian F-15  baru dalam inventarisasinya. Boeing mengatakan pesawat tempur itu akan dilengkapi dengan avionik dan radar yang lebih baik dan dapat membawa lebih dari dua lusin rudal udara ke udara.

Pada bulan Desember, Kongres menandatangani rencana tersebut. Tetapi dari US$ 1,05 miliar yang diminta USAF untuk delapan pesawat, baru dua yang disepakati untuk tahap awal.

Angkatan Udara mengharapkan untuk mempertahankan campuran jet tempur pesawat generasi keempat dan kelima hingga tahun 2030-an. Armada termasuk F-35A Joint Strike Fighter, F-16 Fighting Falcon, F-22 Raptor, A-10 Thunderbolt II dan F -15 Eagle / Strike Eagle.

Sekretaris Angkatan Udara saat itu, Heather Wilson mengatakan kepada wartawan di Simposium Asosiasi Warfare Air Warfareum tahun lalu bahwa mereka perlu meningkatkan persediaan pesawat tempurnya karena pesawat yagn ada semakin tua.

Layanan ini memperkirakan perlu membeli 72 pesawat baru per tahun untuk menggantikan pesawat-pesawat tua itu.

Angkatan Udara telah berupaya mengganti model F-15C yang sudah tua. “Kami sudah memiliki masalah serius dengan badan pesawat itu, dengan keletihan logam di dalam pesawat di sisi pesawat,” kata Wilson dalam sebuah forum Mei lalu.

Pejabat senior pertahanan di kantor Pengkajian Biaya dan Evaluasi Program mengatakan kepada wartawan bahwa mereka memilih F-15EX buatan Boeing karena pesawat akan membantu menjaga “jalur  industri yang kuat” dan memberikan kombinasi “kapasitas yang lebih tinggi” bersama dengan Lockheed Martin F -35.

 

“Mempertahankan basis industri yang beragam adalah demi kepentingan terbaik Departemen Pertahanan. Semakin banyak keanekaragaman, semakin banyak kompetisi  dan semakin baik harga yang kita miliki,” kata pejabat itu.