Jatuh di Afghanistan, E-11A Amerika adalah Pesawat Yang Benar-Benar Unik

Pesawat militer yang jatuh di Ghazni, Afghanistan timur, Senin 27 Januari 2020 disebut-sebut sebagai A-11A. Jika benar maka ini adalah kerugian besar bagi Amerika.

Umumnya dikenal sebagai Battlefield Airborne Communications Node atau BACN, E-11A adalah pesawat Angkatan Udara Amerika yang menyediakan kemampuan komunikasi yang tak tertandingi untuk pasukan di darat dan pesawat di udara.

“Ada pesawat yang sangat unik, Anda hanya dapat menemukannya di satu tempat – bahkan pilot yang menerbangkan pesawat tidak dapat menyentuhnya sampai mereka dikerahkan ke lokasi spesifik ini,” tulis artikel Angkatan Udara Amerika baru-baru ini sebagaimana dikutip The Aviationist.

Pesawat itu didasarkan pada jet bisnis ultra jauh Bombardier Global 6000  yang dimodifikasi untuk mengakomodasi muatan berbagai sistem komunikasi. USAF hanya memiliki empat pesawat ini dan semuanya beroperasi dari Kandahar Airfield Afghanistan bersama Skuadron Tempur Elektronik Expeditionary ke-430.

Pesawat ini bertindak sebagai “gateway” sistem teknologi yang memungkinkan pesawat yang tidak kompatibel sistem radio dan datalink untuk mentransfer informasi dan berkomunikasi.

Menurut Angkatan Udara Amerika, BACN dikembangkan sebagai tanggapan langsung terhadap kekurangan komunikasi selama Operasi Red Wings, sebuah misi militer gabungan Amerika di Provinsi Kunar, Afghanistan pada tahun 2005.

E-11/USAF

Sebuah operasi yang juga digambarkan dalam film Lone Survivor di mana Marcus Luttrell, satu-satunya anggota NAVY SEAL yang selamat dalam operasi itu. Kekacauan dalam operasi tersebut karena  medan pegunungan Afghanistan dan kurangnya infrastruktur komunikasi yang ada.

Tantangan komunikasi serius ini akhirnya membuat komunikasi sulit dibangun dan akhirnya total 19 personel militer Amerika tewas dalam operasi tersebut.

“BACN seperti Wi-Fi di langit,” jelas Kapten Angkatan Udara Amerika , Jacob Breth, pilot EECS 430, dalam siaran pers resmi USAF.

Patut dicatat, Breth adalah pilot C-130J Super Hercules dari Ramstein Air Base, Jerman. Dan semua pilot yang ditugaskan untuk menerbangkan pesawat E-11A sebelumnya tidak pernah menyentuh pesawat ini sampai dia terbang pertama. Pelatihan E-11A membutuhkan satu bulan dengan simulator penerbangan dan sekitar satu minggu pelatihan indoktrinasi.

E-11/USAF

Pesawat E-11A dari Skuadron Ekspedisi Elektronik 430 yang dikerahkan ke Kandahar Airfield telah terlibat dalam misi di Afghanistan dengan beberapa dari mereka dapat dilacak di Internet beberapa kali sejak mereka tiba di teater untuk pertama kalinya 9 tahun yang lalu  ketika mengorbit di ketinggian tinggi untuk waktu yang lama. Aset ini dapat memberikan tautan komunikasi dari komandan darat ke pesawat CAS (Close Air Support).

Sebagai contoh, pesawat serang A-10 USAF yang bisa berkeliaran jauh dari area pertempuran saat menggunakan tautan BACN untuk berkomunikasi dengan pasukan khusus FAC di darat. Pilot A-10 bisa menunggu sampai semua informasi penargetan sudah siap sebelum diserang dan mulai menjalankan serangan.