Lima Jet Tempur Paling Berbahaya Milik China

Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China telah berevolusi dengan cepat sejak awal 1990-an. Jika semula China hanya  bisa dibilang kekuatan paling penting di di Asia Timur Laut kini telah menjelma menjadi yang paling mampu di dunia setelah Angkatan Udara Amerika

Armada mereka merupakan yang paling modern dari angkatan udara besar mana pun, dan telah mendapat manfaat dari teknologi dari sektor pertahanannya yang besar dan didanai dengan baik dan dari teknologi Rusia yang telah disediakan melalui penjualan pesawat dan transfer teknologi.

China berada di jalur yang tepat untuk menjadi kekuatan udara terdepan di dunia pada tahun 2030, bersamaan dengan ekspansi dan modernisasi angkatan laut dan darat yang cepat dan masif.

Kekuatan udara sebuah negara ditopang terutama oleh armada jet tempur mereka, dan China memiliki banyak pilihan di hanggarnya. Berikut lima jet tempur paling mampu yang dimiliki Angkatan Udara China.

Jet Tempur J-20

Pesawat tempur generasi kelima pertama yang memasuki layanan di luar Amerika Serikat  ini telah berkembang pesat sejak pertama kali siap tempur pada Maret 2017. Pesawat mengintegrasikan mesin baru WS-10C, sistem aperture terdistribusi dan sistem peperangan elektronik di antara peningkatan signifikan lainnya.

Pesawat superioritas udara kelas berat bermesin ganda ini disebut-sebut sebanding dengan American F-22 Raptor, dan dilengkapi dengan rudal udara ke udara jarak jauh PL-15 dan radar AESA yang sangat mendukung kewaspadaan situasional dengan sangat baik.

J-20 diatur untuk terus berevolusi dan, seperti program pesawat tempur mesin F-35 Amerika, teknologi generasi baru terus dikembangkan untuk diintegrasikan  termasuk rudal udara ke rudal udara, lapisan siluman baru, elektronik dan senjata laser.

Jet Tempur Su-35

Diakuisisi dari Rusia mulai tahun 2015, pesawat tempur superioritas udara generasi 4++ Su-35 dirancang untuk menghadapi F-22 Raptor Amerika . Jet tempur ini bergabung dengan Angkatan Udara Rusia sejak awal 2014.

Platform ini dihargai karena tidak tertandingi dalam kemampuan manuver, menggunakan mesin thrust vectoring tiga dimensi yang kuat dan badan pesawat komposit tinggi untuk mengurangi bobot, dan mampu mengerahkan hingga 14 rudal udara ke udara.

Persyaratan pemeliharaan pesawat tempur rendah menurut standar pesawat tempur kelas berat, dan pesawat ini menawarkan sistem IRST yang kuat untuk keterlibatan jarak dekat, radar Irbis-E untuk memberikan kewaspadaan situasional yang tinggi pada jarak jauh, serta akses ke rudal udara ke udara R-37M.

R-37M dianggap sebagai rudal udara ke udara  paling mampu di dunia, dan memiliki jangkauan 400km, kecepatan 6 Mach, sensor kuat, dan kemampuan manuver untuk memastikan presisi tinggi.

Jet Tempur J-16

Turunan paling canggih dari desain Su-27 Flanker Cina, pesawat tempur Soviet yang dirakit di bawah lisensi pada pertengahan 1990-an sebelum mengembangkan J-11, J-11B dan J-15, J-16 merupakan peningkatan besar atas desain asli yang mengintegrasikan sejumlah teknologi generasi berikutnya.

Pesawat tempur itu menggunakan badan pesawat komposit tinggi, mengintegrasikan avionik modern dan sistem peperangan elektronik, serta merupakan yang pertama dan satu-satunya Flanker yang menggunakan radar ASEA setodalmua untuk saat ini.

Pesawat ini dirancang terutama untuk peran serangan darat dan tidak memiliki mesin thrust vectoring yang dipasang di turunan Flanker Rusia, tetapi mampu mengerahkan rudal udara ke udara jarak jauh yang dirancang khusus untuk menargetkan pesawat pendukung musuh seperti kapal tanker dan AWACS pada jarak yang sangat ekstrem. Petarung ini seimbang dan memiliki kemampuan yang sama dalam misi udara ke udara dan udara ke darat.

Jet Tempur Su-30MKK

Meskipun memasuki layanan lebih dari 20 tahun yang lalu pada tahun 1997, Su-30MKK secara luas dianggap sebagai petarung yang paling mampu di dunia pada saat itu dan mempertahankan gelar ini hingga pertengahan 2000-an.

Su-30 yang dibangun untuk PLA dioptimalkan untuk peran serangan maritim dan dapat mengerahkan berbagai amunisi Rusia dan buatan China termasuk rudal udara ke udara dan misi anti kapal jarak jauh. Para jet tempur mengintegrasikan sejumlah teknologi canggih termasuk elektronik yang telah dikembangkan untuk program Su-35, dan pesawat menggunakan bahan komposit lebih besar dan memiliki daya tahan superior dan bobot lepas landas maksimum lebih baik dibanding varian Su-30 sebelumnya.

Su-30MKK juga mendapat manfaat dari helm sight baru, komputer misi dan antena radar Zhuk-MSE. Angkatan Udara China telah mulai mengintegrasikan rudal buatan sendiri ke dalam pesawat, termasuk rudal jelajah anti-kapal PL-12, yang memberikan kemampuan superior dibandingkan rudal anti-kapal Kh-31A Rusia yang sebelumnya digunakan.

Jet Tempur J-10

J-10C menjadi jet tempur kelas tempur terbaru China yang masuk layanan dan bisa dibilang sebagai petarung mesin tunggal paling mampu yang pernah dikembangkan. Jet tempur ini dinilai akan dengan nyaman mengungguli pesaing seperti F-16, JF-17 dan Gripen.

Dijuluki jet tempur genrasi 4 ++, pesawat ini mengintegrasikan mesin thrust vectoring, badan pesawat komposit tinggi dan radar AESA, serta memiliki akses ke berbagai amunisi kelas atas yang awalnya dikembangkan untuk J-16 dan J -20.

Senjata yang dibawa termasuk rudal udara ke udara jarak jauh PL- yang memberikannya hampir dua kali lipat jangkauan dibandingkan sebagian besar jet tempur Amerika dan Rusia yang bergantung pada AIM-120C dan R-77.

Pesawat mempertahankan ketinggian operasional yang tinggi, daya tahan dan kecepatan untuk kelas jet ringan dengan mesin tunggal dan dihargai karena biaya operasional dan persyaratan perawatan yang rendah serta tingkat serangan mendadak yang tinggi.

Meski pesawat tempur itu jauh lebih canggih daripada Su-30 Rusia dalam setiap varian saat ini, termasuk Su-30MKK PLA, sebagai jet mesin tunggal yang ringan, kinerja penerbangan, jangkauan, muatan senjata, kemampuan manuver dan ukuran sensornya lebih terbatas.

Namun ukuran pesawat yang kecil menjadikannya efektif untuk dioperasikan dan memungkinkan tingkat serangan mendadak yang lebih tinggi daripada platform yang lebih berat lainnya.