Jet Bermesin Ganda Terbesar di Dunia, Boeing 777X Terbang Perdana

Pesawat berbadan lebar generasi terbaru, Boeing 777X menyelesaikan penerbangan perdananya pada Sabtu 25 Januari 2020 dan  menandai tonggak sejarah bagi perusahaan yang berjuang keluar dari masalah setelah dua kecelakaan fatal pesawat terlaris mereka, 737 Max. Cuaca buruk menunda upaya penerbangan pertama pada hari Kamis dan Jumat.

Penerbangan pertama lepas landas dari Everett, Washington dan mendarat sekitar empat jam kemudian di Seattle’s Boeing Field. Selanjutnya pesawat akan menjalani pengujian sepanjang tahun saat perusahaan berupaya memenangkan persetujuan regulasi.

Pesawat satu lorong 737 Max Boeing telah terhenti sejak Maret setelah dua kecelakaan, yang  menewaskan 346 orang. Krisis itu merusak reputasinya dan semakin dalam beberapa bulan terakhir, dengan dirilisnya email internal yang mengungkap para karyawan meyakinkan regulator dan maskapai penerbangan untuk menyetujui 737 Max tanpa simulator pelatihan yang mahal dan yang lainnya mengungkapkan masalah keamanan.

Awal bulan ini Boeing menghentikan produksi pesawat, sebuah langkah yang mengakibatkan sekitar 3.000 orang di seluruh rantai produksi kehilangan pekerjaan.

Setelah pesawat medarat Stan Deal, yang sekarang memimpin bisnis pesawat komersial Boeing berterima kasih kepada karyawan perusahaan dan berkata: “Saya ingin mereka tahu kami memiliki jasa Anda.”

Deal mengatakan perusahaan sedang mencoba untuk mendapatkan kembali kepercayaan publik dan bahwa menempatkan pesawat seperti 777X “melalui jalannya” menunjukkan kepada dunia “kami tahu apa yang kami lakukan” dan bahwa ia tahu bagaimana merancang pesawat terbang yang aman.

Boeing bertujuan untuk pertama kali menerbangkan 777X, pesawat yang diluncurkan pada Dubai Air Show 2013, tahun lalu tetapi perusahaan menghadapi penundaan karena hambatan dengan mesin General Electric GE9X, mesin pesawat terbesar di dunia dengan diameter kipas mesin 11 kaki.

Pesawat ini adalah jet bermesin ganda terbesar yang pernah dibuat dan memiliki lebar sayap  lebih dari 235 kaki – fitur sayap lipat yang mengurangi lebar lebih dari 20 meter sehingga pesawat dapat masuk ke berbagai taxiway dan gerbang bandara.

777X-9 sedikit lebih panjang dari pesawat Boeing yang paling ikonik: 747 yang memiliki punuk, yang mulai ditinggalkan saat maskapai penerbangan memilih pesawat bermesin ganda yang membutuhkan lebih sedikit bahan bakar.

777X, versi terbaru dari 777 yang pertama kali terbang secara komersial pada tahun 1995, menghadapi tantangannya sendiri. Pesanan untuk jet berbadan lebar telah melambat dan beberapa maskapai telah memilih pesawat satu lorong A321XLR jarak jauh buatan Airbus. 777X, yang terdaftar dengan harga US$ 422,2 juta meskipun maskapai penerbangan biasanya menerima diskon, dapat memuat hingga 426 penumpang dalam konfigurasi dua kelas. Boeing memiliki 344 pesanan pasti untuk 777X pada akhir kuartal ketiga dan Emirates adalah pelanggan tunggal terbesarnya.