Siluman Kepung Rusia, Polandia Hampir Pasti Akuisi 32 F-35

F-35

Polandia, negara yang berbatasan langsung dengan Rusia dipastikan akan memiliki jet tempur F-35. Pada akhir Januari 2020 ini negara tersebut akan menandatangani perjanjian dengan Amerika Serikat untuk pembelian 32 pesawat tempur generasi kelima tersebut.

“Kami pada dasarnya telah menyelesaikan negosiasi, dengan hanya sedikit masalah prosedural yang masih tertunda. Saya yakin bahwa pada bulan Januari kami akan menandatangani perjanjian dengan Amerika Serikat untuk pembelian 32 pesawat F-35, pesawat paling modern di dunia, “kata  Menteri Pertahanan Mariusz Błaszczak kepada Polish Radio Three Kamis 24 Januari 2020. Ditanya tentang tanggal yang konkret, Błaszczak mengatakan “akhir Januari.”

Tahun lalu, Polandia meminta izin kepada pemerintah Amerika untuk bisa pembelian 32 pesawat jet generasi terbaru.

Sejauh ini, Amerika Serikat dan negara-negara lain telah menerima 490 F-35, termasuk 134 pada 2019. Tahun ini Lockheed Martin, produsen pesawat, berencana untuk mengirimkan 141 lebih banyak pesawat kepada pelanggan. Jet tempur siluman tersebut dikerahkan di 21 pangkalan di seluruh dunia.

Menurut Lockheed Martin, harga pesawat versi-A yang diminati Polandia di bawah US$80 juta. Pesawat pertama direncanakan akan tersedia untuk Polandia pada tahun 2024, tetapi akan tetap di Amerika selama dua tahun lagi, sampai pilot dan kru darat telah dilatih.

Setelah memodernisasi armada tempurnya, Polandia berencana untuk menyingkirkan armada era Soviet, MiG-29.

Pembelian F-35 oleh Polandia menjadikan Rusia makin dikepung oleh jet-jet tempur siluman setelah sejumlah negara Eropa dan Eropa Timur mengakuisi pesawat tersebut.

Facebook Comments