Menarik, Drone X-61A Gremlin Lakukan Penerbangan Pertama

Drone pertama X-61A “Gremlin” DARPA yang dapat digunakan kembali, diluncurkan dan dipulihkan di udara telah membuat uji terbang perdana.

Program ambisius dan berpotensi mengubah permainan yang dipimpin oleh Dynetics ini mencapai tonggak utama pada bulan November 2019 namun video penerbangan uji baru saja dirilis.

Video menunjukkan C-130 milik International Air Response meluncurkan X-61A Gremlins Air Vehicle dari salah satu tiang sayapnya. Drone bertenaga jet terbang selama satu jam dan 41 menit, tetapi pesawat hilang karena kegagalan dengan sistem pemulihan parasutnya.

Lima pesawat tak berawak dibangun sebagai bagian dari fase program ini, sehingga kerusakan seharusnya tidak memengaruhi tujuan uji yang direncanakan

Tes penerbangan dilakukan setelah perubahan tempat dilakukan karena gempa kuat yang melanda Naval Air Weapons Station China Lake, California, musim panas lalu.  Program ini menggeser uji penerbangan ke Dugway Proving Ground di Utah.

“Tes berlangsung di Dugway Proving Ground dekat Salt Lake City, Utah. Operasi pengujian melibatkan satu misi penampung di atas kapal TBM, Inc. C-130A dan peluncuran di udara dan penerbangan X-61A yang berlangsung selama satu jam 41 menit,” kata Dynetics dalam siaran persnya.

Menurut Dynetics, tes menunjukkan keberhasilan peluncuran GAV dari C-130. Tes bertujuan untuk melihat kecepatan pelepasan, penyebaran sayap, start engine, dan transisi ke penerbangan yang stabil dan bertenaga Selain itu juga untuk mengumpulkan data tentang operasi dan kinerja subsistem GAV

X-61A terbang seperti yang diperkirakan tanpa anomali, mencapai semua tujuan pengujian yang terkait dengan sistem operasional. Di akhir misi, mesin dimatikan dan parasut berhasil dikerahkan untuk mengakhiri penerbangan. Sayangnya, kendaraan itu hilang selama urutan pemulihan tanah karena kegagalan untuk mengekstrak saluran utama.

Dikelola dari Kantor Teknologi Taktis DARPA, tujuan utama Gremlin adalah untuk mempercepat kemampuan melakukan peluncuran dan pemulihan udara sistem udara tak berawak  yang berbiaya rendah dan dapat digunakan kembali.

“Penerbangan ini menandai tonggak bersejarah bagi program Dynetics dan Gremlins,” kata Tim Keeter, manajer program Dynetics Gremlins.  Ini adalah kemampuan yang benar-benar menarik yang merupakan ranah fiksi ilmiah hingga saat ini.