Sempat Dimiliki Petani, Sebuah Hurricane Mk.XII  Berhasil Dipulihkan

Hawker (CCF) Hurricane Mk.XII  adalah salah satu pesawat legendaris era Perang Dunia II. Kini salah satu pesawat yang telah menjalani nasib panjang berhasil dipulihkan dalam kondisi terbang. Sayangnya pesawat bekas Angkatan Udara Kanada dengan nomor  5389 (c / n 42024)  tersebut tidak akan diterbangkan dan akan akan ditempatkan di Museum Penerbangan di Calgary Kanada.

Hurricane 5389 adalah veteran skuadron Royal Canada Air Force (RCAF) 133. Biaya pemulihan ditanggung bersama oleh kota Calgary dan Calgary Mosquito Society, yang masing-masing membawa hampir 800.000 dolar Kanada.

Pemulihan oleh Historic Aviation Services di bandara Wetaskiwin memakan waktu 23.000 jam. Pesawat tiba di sana tujuh tahun lalu.

Pesawat ini awalnya dikirim ke RCAF pada Juni 1942 dan berbasis di Alberta kemudian itu dikirim ke British Columbia setelah serangan Pearl Harbor, di mana ia digunakan untuk berpatroli di garis pantai Kanada terhadap kemungkinan serangan Jepang.

Pesawat tempur itu akhirnya jatuh karena diserang pada Agustus 1946, dan kemudian dijual untuk memo kepada seorang petani Saskatchewan sebelum dibeli  seorang sejarawan penerbangan di Calgary. Pada akhir 60-an, Kota Calgary memperoleh pesawat yang dibongkar, dan itu disimpan di penyimpanan selama beberapa dekade, sebelum proyek restorasi 23.000 jam dimulai.

Facebook Comments