Jet Tempur F-16 Amerika Tanpa Sengaja Rilis Bom Tiruan di Jepang

Sebuah jet tempur F-16 Angkatan Udara Amerika Serikat secara tidak sengaja menjatuhkan bom dummy atau bom tiruan selama penerbangan pelatihan di prefektur Aomori utara Jepang. Bom tiruan itu ditemukan di area pribadi di luar tempat pelatihan.

“Saat melakukan pelatihan, F-16 di [Pangkalan Udara] Misawa merilis perangkat 5 kilometer dari jangkauan Draughon Rabu malam. Penyebab insiden itu masih dalam penyelidikan, dan USFJ [US forces in Japan] memberi tahu GOJ [Pemerintah Jepang] pagi ini sesuai dengan semua perjanjian, ” kata USFJ di Twitter Kamis 7 November 2019.

Insiden serupa yang melibatkan pesawat militer Amerika yang ditempatkan di Jepang telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Setidaknya dua helikopter melakukan pendaratan darurat di daerah perumahan di prefektur Okinawa, dan seorang siswa berusia 10 tahun mengalami cedera ringan setelah jendela helikopter jatuh ke sekolah setempat.

Dalam insiden yang lebih serius, tiga prajurit tewas di lepas pantai Okinawa ketika sebuah pesawat C2-A dengan 11 orang di dalamnya jatuh di Samudra Pasifik pada November 2017.

Sebulan sebelumnya, sebuah helikopter CH-53 melakukan pendaratan darurat secara di area pribadi warga sebelum terbakar.

Facebook Comments