Airbus Ungkap Program Drone Siluman Rahasia

Setelah sekitar 10 tahun menjadi rahasia, Airbus akhirnya merilis gambar dan informasi tentang program Low Observable UAV Testbed (LOUT).

Program ini dibangun sebagai upaya Airbus untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang desain, bahan, dan ilmu manufaktur  mutakhir yang sangat rendah diamati (stealth), ilmu material dan manufaktur, dan terkait teknologi lainnya.

Program ini sebenarnya sudah ada sejak lebih dari satu dekade, tetapi baru saja dibuka dan akan menggambarkan bagaimana pembuat pesawat Eropa tersebut dengan cara yang berbeda datang ke kemampuannya untuk memproduksi pesawat tempur generasi berikutnya.

LOUT didasarkan pada konsep program execution Skunk Works. Inisiatif ini menggabungkan teknik pengurangan signature holistik di seluruh domain RF, IR, visual, dan akustik. Konsep ini juga bekerja untuk lebih memahami bagaimana mengintegrasikan peperangan elektronik canggih dan penanggulangan ke dalam desain siluman untuk meningkatkan kemampuan bertahannya.

Kontrol misi dan perangkat lunak sensor fusi canggih juga merupakan bagian dari inisiatif seperti integrasi sensor canggih di bawah kulitnya yang tersembunyi.

Semua bidang teknologi stealth, mulai dari saluran masuk udara pesawat terbang, knalpotnya, hingga lubang sensornya, dan sub-struktur yang mampu menghindari radar dimasukkan ke dalam desain.

Komunikasi dan sensor dengan probabilitas intersepsi rendah atau low-probability of intercept (LPI) Stealth dan bahkan keamanan siber juga merupakan bagian dari program ini.  Jadi, pada dasarnya kita berbicara tentang pengurangan risiko yang sangat besar dan program penelitian yang bisa berfungsi sebagai konsep awal untuk akhirnya merancang dan memproduksi badan pesawat operasional yang siluman.

Sejauh ini, setidaknya yang kita tahu,  belum ada badan pesawat terbang yang pernah dibangun atau diuji. Upaya pengurangan risiko dan perluasan basis pengetahuan ini memiliki beberapa kesamaan dengan demonstrator “Replica” BAE, yang merupakan bagian dari prakarsa Sistem Perang Udara Masa Depan atau Future Offensive Air System (FOAS) Angkatan Udara Inggris pada tahun 1990-an. Program itu juga menghasilkan mockup kelas atas yang bekerja untuk membangun pengetahuan tentang teknologi siluman generasi berikutnya.

Gambar-gambar yang dirilis menunjukkan kanopi tidak menunjukkan desain berawak, tetapi platform modular digunakan untuk menyelidiki semua opsi, termasuk kanopi tembus cahaya untuk pesawat berawak siluman.

Facebook Comments