Tanpa Komponen Rusia, Ukraina Beli 13 AN-178

Kementerian Dalam Negeri Ukraina memutuskan untuk membeli tiga belas pesawat angkut sedang Antonov AN-178.

“Kementerian Dalam Negeri Ukraina akan membeli 13 Ukraina AN-178 untuk tentara Garda Nasional dan Layanan Darurat Negara Ukraina. Kontrak setuju untuk menandatangani musim gugur ini. Ini adalah pesawat pertama dengan Ukraina dan Eropa, tetapi tanpa komponen Rusia. Di musim gugur akan menjadi penerbangan demonstrasi pertama dari pesawat baru. Tiga tahun kemudian, pesawat akan beroperasi, ”Menteri Dalam Negeri Ukraina Arsen Avakov pada 17 Juni.

Kementerian Dalam Negeri juga mencatat bahwa pesawat ini adalah yang terbaik di kelasnya dalam hal spesifikasi teknisnya.

“An-178 cocok untuk kita dalam semua spesifikasi. Ini akan digunakan oleh Layanan Darurat Negara untuk misi pemadam kebakaran, pencarian dan penyelamatan, serta untuk tujuan Pengawal Nasional, dari airdropping ke transportasi. Ini adalah pesawat angkut militer klasik, ”katanya.

AN-178 adalah pesawat angkut militer jarak pendek menengah yang dirancang oleh perusahaan Antonov Ukraina dan berdasarkan pada jet regional Antonov AN-158 (AN-148-200).

Fitur yang paling penting dari AN-178 adalah kemampuan untuk membawa semua jenis paket barang yang ada (yang dikemas dan di pallet), termasuk wadah 1C berkapasitas tinggi. Hal ini menjadikannya transportasi yang sangat diperlukan untuk memberikan dukungan logistik baik di segmen komersial dan militer, serta operasi dalam situasi darurat.

Pesawat dapat membawa 99 tentara, 80 pasukan payung atau mengevakuasi 70 orang yang sakit dan terluka. Juga dapat digunakan dalam berbagai misi termasuk dukungan logistik pasukan, membawa personil yang terluka, dan transportasi kendaraan ringan. Selain itu pesawat juga dapat digunakan untuk mengangkut dan mengirim peralatan dan mesin.

Pesawat ini dilengkapi dengan avionik digital dan kokpit kaca. Itu dapat terbang dalam lalu lintas udara intensif, di bawah kondisi cuaca VFR dan IFR baik pada siang dan malam hari.  AN-172 bisa lepas landas dan mendarat di landasan pacu yang tidak diaspal dan permukaan tertutup kerikil.

Facebook Comments