Saab Targetkan Kirim GlobalEye Pertama UEA April 2020

GlobalEye/Saab

Uni Emirat Arab (UEA) berada di jalur untuk menerima swing-role surveillance system aircraft GlobalEye pertamanya dalam 12 bulan ke depan.

Berbicara di kantor pusat perusahaan Stockholm pada 20 Mei, kepala eksekutif Saab, Hakan Buskhe menyebut “April tahun depan” sebagai tanggal pengiriman yang dijadwalkan untuk pesawat pertama yang berbasis Bombardier Global 6000 tersebut.

Menggunakan radar active electronically scanned array (AESA) Saab Erieye ER yang dipasang di atas badan pesawat, GlobalEye akan memberikan kepada UEA kemampuan untuk secara bersamaan melakukan misi peringatan dini di udara, serta pengawasan maritim dan darat.

UEA memesan tiga pesawat ini. Dua terlibat dalam pengujian penerbangan yang dilakukan dari situs produksi Linkoping di Swedia dan Grenada, Spanyol, sementara yang lain saat ini dalam tahap modifikasi dan kemungkinan akan terbang sekitar akhir tahun.

Lars Tossman, Kepala radar solutions Saab, mengatakan pilot dari Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa telah menerbangkan pesawat, yang akan menerima sertifikat tipe tambahan dari otoritas kelaikan udara militer Swedia. Pengujian penerbangan sertifikasi dijadwalkan akan selesai segera dan ia menambahkan, dengan GlobalEye menunjukkan “kinerja sistem yang sangat baik”.

Sementara itu, peralatan elemen stasiun darat utama untuk GlobalEye telah dikirim ke UEA, kata Tossman sebagaimana dilaporkan Flightglobal Jumat 24 Mei 2019.

Pelanggan masa depan untuk GlobalEye atau turunan pengawasan maritim khusus dari platform akan menerima pesawat dalam standar Global 6500 Bombardier, yang menggunakan mesin kuat Rolls-Royce Pearl dan beberapa peningkatan aerodinamis. Tossman mengatakan akan memerlukan beberapa pengujian penerbangan lebih lanjut untuk dilakukan, tetapi itu “bagi kami itu tidak memiliki perbedaan: itu sertifikat yang sama.”

Facebook Comments