Jadi Penyebab Penundaan Penerbangan, Menteri Lingkungan Hidup Meksiko Mengundurkan Diri

Josefa Gonzales Blanco Ortiz Mena

Gara-gara mengakibatkan sebuah penerbangan komersial ditunda, Menteri lingkungan hidup Meksiko Josefa Gonzales Blanco Ortiz Mena mengundurkan diri dari jabatannya. Gonzales Blanco menjadi pejabat senior kedua yang meletakkan jabatan dari Pemerintah Presiden Andres Manuel Lopez Obrador dalam waktu kurang dari satu pekan.

Kantor Presiden Meksiko mengumumkan Minggu 26 Mei 2019 bahwa Josefa Gonzales Blanco Ortiz Mena, Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, telah menyerahkan surat pengunduran diri, dan Lopez Obrador mengatakan selama pidato pada Sabtu sore ia telah menerimanya.

Di dalam surat pengunduran dirinya, yang disiarkan oleh kantor presiden, Gonzalez Blanco mengatakan pada awal kunjungan kerja pada Jumat, wanita pejabat itu telah mengakibatkan penundaan penumpang yang melakukan perjalanan naik pesawat tersebut dan awaknya.

“Tak ada pembenaran. Perubahan Meksiko yang sesungguhnya memerlukan kesejajaran total dengan nilai keadilan dan kesetaraan,” kata Gonzalez Blanco, sebagaimana dikutip Reuters.

“Tak seorang pun memiliki keistimewaan, dan keuntungan atas orang lain, bahkan dalam melaksanakan tugas seseorang, tak bisa berada di atas umat manusia pada umumnya.

Di dalam pernyataan pada sore hari, presiden Meksiko mengatakan ia telah berbicara dengan Gonzalez Blanco pagi itu, dan memberitahu dia agar menangani masalah penundaan penerbangan. Presiden tersebut menambahkan Gonzalez Blanco meminta maaf.

Pengunduran dirinya mengikuti pengunduran diri pada Selasa German Martinez, kepala lembaga keamanan masyarakat Meksiko (IIMS), yang mengeluhkan pemotongan anggaran dan pemutusan hubungan kerja yang diperintahkan oleh menteri keuangan Lopez Obrador membahayakann layanan kesehatan orang miskin.