Pentagon Cari Pemasok Alternatif Komponen F-35 Yang Dibangun Turki

Para pemimpin Pentagon sedang mencari vendor alternatif untuk memproduksi beberapa komponen F-35 Joint Strike Fighter sebagai antisipasi jika Washington dan Ankara tidak dapat menyelesaikan perselisihan mereka mengenai rencana pembelian sistem pertahanan udara S-400 oleh Turki.

Ellen Lord, Wakil Menteri Pertahanan Amerika untuk akuisisi dan keberlanjutan kepada wartawan 10 Mei 2019 mengatakan tentang sejumlah topik termasuk pertengkaran yang sedang berlangsung dengan Turki yang berasal dari rencananya untuk menempatkan sistem S-400 buatan Rusia di atas AS. Sistem Patriot buatan. “Kami sudah sangat jelas bahwa F-35 dan S-400 tidak kompatibel,” kata Lord sebagaimana dilaporkan Jane.

“Kami telah, untuk beberapa waktu sekarang, telah bekerja untuk melihat sumber pasokan alternatif untuk rantai pasokan F-35 yang ada di dalam Turki sekarang,” ia kemudian menambahkan.

Amerika telah secara tegas mengancam Turki untuk mengeluarkan negara tersebut dari program pembangunan jet tempur F-35 jika tetap ngotot dengan keputusannya. Bahkan saat ini Washington telah menghentikan pengiriman sejumlah materi pendukung jet tempur siluman tersebut ke Ankara.

Namun mengeluarkan Turki dari program tersebut juga akan memunculkan masalah karena sejumlah komponen F-35 dibangun oleh industri di negara tersebut. Mencari pemasok lain memang memungkinkan namun kemungkinan besar akan mengakibatkan pembengkakan biaya dan penundaan di sejumlah bagian.

Turki sendiri sampai saat ini tetap pada keputusannya untuk membeli sistem pertahana udara S-400 dari Rusia.

Facebook Comments