Saab Buka Jalur Produksi di Amerika

Prototipe T-X

Saab akan membuka situs manufaktur baru di Indiana Amerika Serikat untuk mendukung kontribusinya pada pembangunan jet latih canggih T-X, yang dikembangkan bersama dengan kontraktor utama Boeing, dan proyek-proyek canggih lainnya.

Fasilitas ini akan berlokasi di West Lafayette, di Discovery Park District, yang berafiliasi dengan Purdue University. Dari 2020, ketika konstruksi akan dimulai, Saab mengatakan telah mengalokasikan US$ 37 juta untuk pengembangan. Pada akhirnya, fasilitas baru ini akan menciptakan hingga 300 lapangan pekerjaan.

Awalnya, situs ini akan fokus pada teknik penerbangan dan membuat struktur dan suku cadang Saab untuk T-X, sesuai pesanan untuk Angkatan Udara Amerika. Selain itu, Saab memiliki kemitraan dengan universitas, untuk melakukan penelitian dan pengembangan pada sensor, kecerdasan buatan dan sistem otonom. “Ini adalah momen bersejarah bagi Saab,” kata kepala eksekutif Hakan Buskhe sebagaimana dilaporkan Flightglobal Rabu 8 Mei 2019.

“Setelah mempertimbangkan dengan cermat, kami telah memilih Lafayette Barat, berkat kepemimpinan visioner dari Negara Bagian Indiana dan Universitas Purdue yang terkemuka di dunia. Pengumuman hari ini adalah bagian dari strategi pertumbuhan kami di Amerika Serikat, dan memperdalam hubungan kami dengan pelanggan Amerika. Kami melihat kemungkinan besar di sini untuk fasilitas ini dan kemitraan kami. ”

Perusahaan menambahkan bahwa fasilitas T-X Indiana akan meningkatkan operasinya di Amerika untuk hadir di lima negara bagian.

Saab dianugerahi kontrak awal senilai US$ 117 juta pada Oktober 2018 untuk terlibat dalam fase rekayasa, manufaktur, dan pengembangan program T-X hingga tahun 2022. Saab akan bertanggung jawab untuk memproduksi badan pesawat belakang jet.

USAF mengharapkan untuk membeli 351 pesawat latiih untuk menggantikan Northrop T-38, setelah keputusan seleksi US$ 9,2 miliar yang dibuat September lalu. Boeing memperkirakan bahwa hingga 2.600 pesawat dapat dibutuhkan untuk permintaan Amerika dan internasional. Perakitan final T-X akan dilakukan di pabrik Boeing St Louis di Missouri.