Powerbank Terbakar, Garuda Surabaya-Jakarta Telat Terbang

    Garuda Rute Jakarta-Shanghai Ganti Pakai Boeing 777-300ER
    ilustrasi

    Pesawat Garuda Indonesia rute Surabaya-Jakarta dengan nomor penerbangan GA 327 terpaksa menunda keberangkatan yang seharusnya pukul 19.35 WIB karena asap keluar dari powerbank atau pengisi daya yang terbakar.

    Pantauan dari lokasi di Bandara Juanda, Surabaya, Senin 11 Maret 2019 , penumpang sempat panik saat asap putih membumbung dari lorong pesawat di barisan kursi penumpang nomor 28 sekitar pukul 19.30 WIB.

    Para penumpang yang sudah duduk di kursi masing-masing langsung keluar dari pesawat dan petugas mengarahkan untuk kembali ke ruang tunggu.

    Sebagaimana dilaporkan Antara, salah seorang saksi mata, Agung Hendrawan mengatakan, asap terlihat dari powerbank yang terjatuh di lorong pesawat sekitar kursi 28. Setelah itu asap terus mengepul dan muncul api dari powerbank tersebut.

    Api yang keluar dari Powerbank yang terbakar tersebut berhasil dipadamkan oleh penumpang dengan air dan juga dengan menginjak api, terlihat salah seorang penumpang kaus kakinya terbakar hingga berlubang.

    Akhirnya penumpang kembali diarahkan masuk ke pesawat setelah dilakukan pembersihan sekitar pukul 20.35 WIB dan pesawat akan diberangkatkan menuju Jakarta.

    Ketika masuk ke dalam pesawat, masih tercium bau asap sisa dari kebakaran tersebut. Namun belum diketahui siapa pemilik powerbank tersebut.

    Pilot pesawat dari kokpit menyampaikan permintaan maaf atas kejadian tersebut yang disebabkan terbakarnya powerbank. Namun setelah dilakukan pembersihan pesawat dinyatakan aman untuk melanjutkan penerbangan ke Jakarta.