Arab Saudi Beli Sebagian Saham Virgin Galactic

Dana Kekayaan Utama Arab Saudi berencana menginvestasikan sekitar 1 miliar dollar AS di tiga perusahaan ruang angkasa milik milioner Inggris Richard Branson, termasuk perusahaan pariwisata antariksa Virgin Galactic.

Dana Investasi Publik Arab Saudi dan Virgin Group mengatakan pada hari Kamis bahwa uang tersebut masuk sebagai bagian dari kemitraan baru di antara keduanya. Menurut kesepakatan tersebut, dana kerajaan juga memiliki opsi untuk menginvestasikan tambahan 480 juta dollar AS dalam bisnis terkait layanan ruang angkasa.

Selain Virgin Galactic yang berbasis di Gurun Mojave, investasi juga akan ditanamkan ke perusahaan Orbit Virgin, sebuah perusahaan di Long Beach yang berencana meluncurkan satelit kecil dari perut pesawat komersial yang dimodifikasi. Uang juga akan mengalir ke Spaceship Co., perusahaan yang juga berbasis di Mojave dan sedang membangun propulsi. sistem serta pesawat ruang angkasa dan pesawat tempur untuk Virgin Galactic.

Virgin Group mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa investasi tersebut akan mendukung rencana penerbangan antariksa, serta meningkatkan kemampuan produksi dan operasional Virgin Orbit. Uang yang masuk juga akan dipakai untuk mengembangkan kemampuan perjalanan supersonik komersil point to point.

Pernyataan tersebut juga menyertakan adanya kemungkinan pengembangan sentra industri penerbangan hiburan yang berpusat di Arab Saudi.

Investasi ini akan memberi membuat Dana Kerajaan Arab Saudi memiliki jumlah saham yang signifikan di tiga perusahaan ruang angkasa Virgin. Virgin Group tidak mengungkapkan berapa banyak persertase saham yang akan dipegang oleh Saudi, namun juru bicara perusahaan mengatakan bahwa Virgin Group tetap menjadi pemegang saham mayoritas.

Perusahaan investasi Abu Dhabi, Aabar Investments juga memiliki saham di perusahaan tersebut.

Virgin Galactic telah melakukan penerbangan uji coba di Mojave dari pesawat ruang angkasa SpaceShipTwo, yang dimaksudkan untuk membawa penumpang yang membayar untuk masuk ke ruang suborbital.