Mengapa C-130 Adalah Pesawat Badas

Di tengah penarikan pasukan Amerika yang kacau dari Saigon pada bulan April 1975, seorang pemuda di Angkatan Udara Vietnam Selatan (VNAF), Tinh Nguyen, mengintip keluar dari sebuah bungker di Pangkalan Udara Tan Son Nhut.

Lapangan terbang tersebut berada di serangan berat mortir Vietnam Utara sepanjang malam dan lebih dari 100 pesawat telah hancur.  Tapi masih ada satu C-130A yang masih selamat. Saat ada  jeda serangan, ia menuju ke landasan pacu yang penuh dengan puing-puing dan asap.

Jalan belakang pesawat  masih terbuka dengan kerumunan orang yang berkerumun di atasnya, dan Nguyen tahu dia harus sampai ke sana. “Saat itu pergi  adalah pilihan terbaik karena tinggal berarti mati.”

Nguyen pun berlari mengejar pesawat yang sudah mulai berjalan tersebut. “Setiap kali [pilot] mengerem maka  mendorong penumpang ke depan,” kata Nguyen kepada Fox News pada tahun 2014. “Ini menciptakan lebih banyak ruang di belakang. Jadi, saya melompat masuk. Semua orang melompat masuk. Dan beberapa menit kemudian Itu, pintu belakang ditutup ”

C-130A terbang di atas Vietnam

Dirancang untuk hanya membawa 90 pasukan payung, perut Hercules penuh dengan orang-orang yang jauh lebih banyak dari itu. Seorang pilot VNAF berpangkat major, mendorong keempat turboprop Allison T56 ke throttle penuh dan lepas landasnya di landasan pacu sepanjang 10.000 kaki. Tapi di landasan pacu sepanjang 1.000 kaki, C-130 terhuyung-huyung ke udara.

Setelah penerbangan yang mengerikan, pesawat tersebut mendarat tiga setengah jam kemudian di U Tapao Royal Thai AB, sebelah tenggara Bangkok. Personil Amerika terlihat terkejut saat melihat 452 orang turun. Dengan hitungan cepat C-130 telah membawa lebih dari 20.000 pound di atas batas operasionalnya.

Itulah salah satu kisah dari ketangguhan C-130 yang telah menjadi penyelamat selama enam dasawarsa sejarahnya. Tetapi juga menjadi pesawat pembawa kematian.

Next:Hercules Lebih Dari Sekadar Nama