Aset Air Berlin Jadi Rebutan Maskapai Eropa

    Maskapai penerbangan murah Eropa, easyJet mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan Air Berlin untuk membeli sebagian pesawat maskapai Jerman yang bangkrut itu. Dikabarkan, nilai kesepakatan itu mencapai sekitar 40 juta euro atau 46 juta dollar AS.

    Perusahaan penerbangan Inggris tersebut mengatakan akhir pekan lalu bahwa pihaknya akan mengakuisisi aset-aset tertentu dari bisnis transportasi udara yang dioperasikan dari bandara Berlin-Tegel, termasuk slot dan pemesanan terkait. Kantor berita Jerman DPA melaporkan bahwa easyJet akan mengambil alih 25 pesawat Airbus A320 .

    Air Berlin memang sedang sial. Bangkrut karena kalah bersaing dengan maskapai murah, aset mereka satu persatu diambil maskapai lain. Tentu saja, ijin terbang dan pesawat adalah dua hal yang paling diperebutkan. Meski beberapa maskapai mengatakan, yang paling baik adalah mengambil semuanya, termasuk awak pesawat yang selama ini mengoperasionalkan, seperti pilot dan awak kabin.

    Air Berlin merupakan maskapai penerbangan kedua terbesar di Jerman. Dia dipaksa mengakhiri operasinya setelah 38 tahun dengan penerbangan terakhir dari Munich ke Berlin pada akhir pekan lalu. Maskapai penerbangan nomor satu di Jerman, Lufthansa, berencana untuk mengambil alih lebih dari setengah armada namun kesepakatan tersebut belum mendapatkan izin lembaga antimonopoli negara itu.

    Air Berlin memiliki sekitar 8.000 karyawan. Lufthansa mengharapkan untuk menampung hingga 3.000 dari mereka. Sedangkan pesawat akan diambil dalam jumlah tertentu ke masing-masing maskapai. Pemerintah Jerman turun langsung dalam sengkarut bisnis ini.