Orion P-3 Dikembangkan Jadi Monster Laut

Siapa tak kenal Orion P-3. Salah satu pesawat patroli laut terkemuka yang dipakai begitu banyak militer di seluruh dunia. Pesawat ini bahkan telah menjadi standar dalam pengawasan maritim selama lebih dari 50 tahun.

Pesawat ini buatan produsen Lockheed Martin dan sejak awal didedikasikan untuk menyediakan solusi dan kebutuhan penting angkatan laut, terutama untuk misi kritis.

Belum lama ini, Lockheed Martin menerima kontrak  158,5 juta  dollar AS dalam tahap kedua program Elemen Sistem P-3C Misi Angkatan Laut Jerman. Ini adalah program yang ditujukan untuk mengupgrade sistem misi di armada pesawat patroli maritim P-3C Orion untuk mendukung operasi sampai tahun 2035. Sistem ini menjadi bagian dari peningkatan armada keseluruhan yang mencakup upgrade ke kokpit dengan Instrument Flight Rules (IFR).

Program Penyegaran Sistem Misi Orion P-3C Jerman akan mencakup perancangan, pengembangan, pembuatan, integrasi, pemasangan dan uji Sistem Misi Taktis Lockheed Martin Airborne. Mayoritas perancangan dan pembuatan perangkat keras dan perangkat lunak, pembuatan dan peningkatan akan dilakukan di situs Lockheed Martin di  Owego, New York, kemudian Manassas, Virginia  dan  Marietta, Georgia, semua di Amerika Serikat. 

“Sistem Misi Refresh menyediakan kemampuan pengawasan kritis, mengurangi jejak perangkat keras dan mendukung kelestarian sistem di masa depan,” kata  Mike McGuire , manajer program di Lockheed Martin Rotary dan Misi Sistem Jerman P-3.

The Airborne Tactical Mission System adalah sistem berbasis Open Java Architecture yang menyediakan program perangkat lunak mutakhir serta komponen pemrosesan, komponen display dan kontrol utama misi. Dengan memanfaatkan komponen Commercial-Off-The-Shelf (COTS), biaya keusangan berkurang sehingga mendukung keberlanjutan sistem jangka panjang bagi pemakainya.

Selain Sistem Misi Taktis Airborne, Sistem Misi Refresh akan mencakup sistem pemrosesan akustik yang baru yang disebut Air-Rack-Mounted Commercial Portable Processor (AR-C2P) yang akan memberikan keberlanjutan jangka panjang untuk pesawat P-3.

Program refresh sistem di Orion Mission Jerman P-3 ini dimulai pada 2016 ketika Angkatan Laut AS memberikan kontrak pada  Lockheed Martin 54,9 juta  dollar untuk pengembangan desain. Duit besar ini memungkinkan peralihan teknologi dan pengembangan persenjataan yang menjadikan Orion P-3 sebagai monter patroli laut tanpa tanding.

Facebook Comments