Enam Insiden Istimewa Terkait Burung

Ada banyak sekali tabrakan pesawat dengan burung di dunia ini. Sejak pesawat terbang pertama kali. Tetapi dalam catatan dunia penerbangan, setidaknya ada enam peristiwa istimewa yang patut diperhatikan. Berikut ini adalah enam insiden istimewa antara pesawat dan burung yang mendapat catatan khusus di dunia penerbangan.

Tabrakan burung pertama kali
Tabrakan burung pertama dilaporkan oleh Orville Wright pada tahun 1905. Catatan harian Wright brothers menuliskan sebagai berikut: “Orville … terbang 4.751 meter dalam 4 menit 45 detik, empat putaran lengkap. Dua kali melewati pagar ke ladang jagung milik petani Beard. Kawanan burung terbawa selama dua putaran dan mereka terbunuh kemudian jatuh, beberapa jatuh saat pesawat berayun karena melewati tikungan tajam.”

Kematian pertama
Kematian pertama akibat tabrakan pesawat dengan burung yang tercatat dilaporkan terjadi pada tahun 1912. Saat itu, pilot bernama Cal Rodgers bertabrakan dengan camar. Insiden ini membuat kabel kontrol pesawat terbangnya macet dan tidak bisa digerakkan. Meski sudah berupaya mengatasi masalah, tetapi nasib malang tetap datang. Dia jatuh di Long Beach, California, Amerika Serikat.

Tabrakan burung paling mematikan
Pada tanggal 4 Oktober 1960, sebuah Lockheed L-188 Electra, terbang dari Boston. Pesawat itu milik Eastern Air Lines dengan nomor penerbangan 375. Insiden bermula ketika pesawat lepas landas dan melewati sekawanan burung jalak. Tabrakan itu merusak keempat mesinnya, dan pesawat menabrak pelabuhan Boston. Sebanyak 62 dari 72 penumpang dinyatakan meninggal dunia.

Ryanair terpaksa mendarat darurat
Pada 10 November 2008, Ryanair penerbangan 4102 rute Frankfurt ke Roma melakukan pendaratan darurat di Bandara Ciampino, Roma, Italia setelah beberapa kali bertabrakan dengan burung. Insiden itu menyebabkan kedua mesin gagal. Pesawat sempat berbelok dari landasan pacu, penumpang dan awak kapal dievakuasi menggunakan slide darurat.

Tertangkap kamera
Pada April 2007, Boeing 737 Thomsonfly mengalami tabrakan dengan burung saat lepas landas dari Bandara Manchester. Pesawat mendarat dengan selamat, dan insiden tersebut ditangkap oleh dua kamera spotters pesawat di sisi yang berlawanan dari bandara. Rekamannya tersedia dengan cukup utuh dan dapat dijadikan bahan untuk mempelajari lebih jauh soal tabrakan burung.

Kasus “Hollywood”
Tabrakan burung paling terkenal sepanjang masa adalah peristiwa yang disebut sebagai The Miracle on the Hudson pada 15 Januari 2009. Sebuah pesawat US Airways Flight 1549 menabrak sekumpulan angsa sebelum melakukan pendaratan darurat di Sungai Hudson. Ceritanya menjadi blockbuster Hollywood yang dibintangi Tom Hanks, pada 2016.