C-5: Pesawat Angkut Militer Terbesar

Sejak akhir tahun 60-an, angkatan bersenjata Amerika Serikat telah mengandalkan pengangkutan udara strategis dengan pesawat ini. Galaxy C-5 dari Lockheed Martin, adalah monster setinggi 75 meter yang mampu membalik hidung dan ekornya untuk memasukkan dan mengeluarkan muatan. Bahkan pesawat ini bisa berlutut pada landing gear saat dibutuhkan, jika membutuhkan ketinggian yang lebih rendah.

Pesawat tersebut telah menjadi perlengkapan misi militer AS dari perang Vietnam ke perang Irak. Galaxy C-5 bisa memuat sekitar 880 meter kubik barang, termasuk tank, amunisi dan helikopter Apache. Bisa juga membawa hingga 75 tentara.

David Hale, seorang manajer di Lockheed Martin Aeronautics, menjelaskan bahwa, walaupun Galaxy C-5 adalah salah satu pesawat militer terbesar di dunia, tapi dia praktis.

“Semuanya, dari sayapnya yang tingginya 68 meter memberikan tumpangan besar pada mesin dan pendaratan dengan 28 roda, dirancang untuk take-off yang lebih cepat. Pesawat bisa lepas landas dari landasan pacu 1.500 meter, yang secara signifikan lebih pendek dari landasan terbang yang digunakan oleh jet penumpang yang lebih kecil yang biasanya memerlukan landasan sekitar 1.800 meter,” kata Hale.

Wikipedia menuliskan, pesawat ini dilengkapi dengan 4 mesin yang masing-masing mesin bertenaga dorong 43.000 pon. Rentang sayap 67,9 meter, panjang 75,3 meter dan berat 349 ton serta membutuhkan 193.620 liter bahan bakar untuk full tank. Untuk pesawat sekelas, jarak take off dan landing C-5 Galaxy tergolong cukup pendek yaitu 2,6 km untuk take off dan 1,1 km untuk landing.

Daya angkut C-5 Galaxy mencapai 120 ton dan pesawat ini dirancang dengan 2 kompartemen yaitu dek bawah yang digunakan untuk kargo dan dek atas untuk personil. Kompartemen kargo ini sangat besar, bisa membawa truk, tank, helikopter bahkan pesawat tempur dan muatan-muatan besar lainnya. Dek atas terdiri dari 2 bagian yaitu dek belakang untuk penumpang/personil yang berjumlah 80 kursi lengkap dengan fasilitas ruangan penunjang dan dek depan untuk kru pesawat yang terdiri dari kokpit, dashboard tekhnisi penerbangan, toilet dan ruang santai.

Berbagai Masalah Timbul Dalam Pengembangan C-5 Galaxy. C-5 pertama telah dirilis dari pabrik di Marietta, Georgia pada tanggal 2 Maret 1968. Pada tanggal 30 Juni 1968 penerbangan pertama pun dilakukan dengan diterbangkan oleh pilot Leo Sullivan. Dari situ diketahui gaya angkat maksimum C-5A belum sesuai seperti yang diharapkan.

Bobot pesawat menjadi masalah yang serius selama tahap desain dan pengembangan. Pada saat penerbangan pertama, bobot pesawat sudah sesuai tetapi setelah pengiriman pesawat yang ke-9, bobot pesawat melebihi yang diharapkan. Tidak hanya di permasalahan di bobot tetapi juga banyak masalah lain seperti banyaknya keretakan pada sayap.

Biaya yang membengkak dan permasalahan teknis dari C-5A menjadi subjek penyelidikan serius bagi Kongres Amerika Serikat pada tahun 1969. Overruns biaya untuk program pertamanya saja mencapai 1 miliar dolar.