Gerbang Wisata Angkasa Luar Siap Dibuka

Virgin Galactic telah melakukan uji coba pesawat luar angkasa mereka yang baru, the VSS Unity. Secara keseluruhan, hingga saat ini mereka telah melakukan enam kali uji coba peluncuran dari kapal induk yang lebih besar, WhiteKnightTwo, dari ketinggian sekitar 50.000 kaki. Proses ini memantapkan keinginan mereka untuk segera membuka bisnis luar angkasa ini.

Presiden Virgin Galactic Mike Moses mengatakan pada Simposium Internasional untuk Ruang Angkasa Pribadi dan Komersial, bahwa dia harap pesawatnya akan berada di luar angkasa pada akhir tahun ini. Ditulis oleh Aviation Week, tes penerbangan di atmosfer akan dilakukan lebih dulu, yang melibatkan penembakan mesin roket VSS Unity untuk pertama kalinya.

Sebuah pengujian terakhir penerbangan di luar atmosfer akan dilakukan dan diharapkan dapat dilanjutkan dengan peluncuran penerbangan komersial dan penerbangan penelitian ke ruang suborbital.

VSS Unity adalah pesawat SpaceShipTwo kedua yang direncanakan dalam armada ruang angkasa suborbital. Pesawat ruang angkasa pertama, VSS Enterprise yang dibangun oleh Scaled Composites, hancur dalam kecelakaan fatal pada tanggal 31 Oktober 2014 sebelum sampai ke angkasa luar.

VSS Unity sedang dibangun pada saat kejadian, dan sebagai tanggapan atas kecelakaan itu, kapal kedua diperkuat dengan struktur yang lebih kuat dan dilengkapi dengan instrumentasi yang lebih. Semua ini membuat VSS Unity lebih berat daripada Enterprise. Akibatnya, Unity tidak akan terbang di atas batas ruang yang diakui secara internasional, yaitu 100 km (62 mil) melainkan akan terbang di atas 80 km (50 mil), yang disebut oleh Angkatan Udara AS sebagai perbatasan luar ruang.

Dua pesawat SpaceShipTwo juga sedang dibangun oleh The Spaceship Company, perusahaan patungan antara Virgin Group dan Scaled Composites. Mereka sedang mulai merakit sayap dan badan pesawat dan kemudian membawa bagian itu bersama-sama.

Sebelum VSS Unity dapat terbang di atas atmosfer, Virgin Galactic akan melakukan uji terbang bertenaga untuk mengumpulkan data percepatan melalui kecepatan supersonik dan pemanasan eksternal pada pesawat, serta simulasi masuk kembali atmosfer, yang akan diuji sepenuhnya pada penerbangan pertama ke luar angkasa.

Tanggal untuk uji terbang bertenaga pertama dari VSS Unity belum ditetapkan, namun Moses mengatakan akan ada beberapa tes sebelum Virgin mengujicobakan mesin roket.

Virgin Galactic telah berupaya bangkit kembali setelah kecelakaan pada tahun 2014. Pesawat ulang-alik milik perusahaan ini akan melakukan perjalanan pertamanya ke atmosfer sebelum akhir tahun. Jika berhasil, Anda yang punya duit dapat bergabung dalam daftar tunggu untuk naik di sebuah spaceplane bertenaga roket. Wisata ke angkasa luar pun terbuka pintunya.