Lampu Landasan Mati, Pesawat Putar-Putar Dulu

Penerbangan Delta Air Lines terpaksa berputar-putar di atas Northwest FLorida Beaches International Airport sekitar 25 menit Senin malam lalu. Penyebabnya, lampu landasan pacu bandara ternyata sudah mati ketika mereka mau mendarat. Walhasil, pilot tidak bisa melihat landasan di tengah malam yang gelap itu.

Penerbangan Delta 2303, berangkat dari Atlanta, dijadwalkan tiba pukul 10 malam lebih sedikit. Para jam itu, lampu landasan pacu memang biasanya sudah dimatikan. Menurut aturan yang ada, setelah pukul 10 malam, pilot yang akan mendarat menyalakan sendiri lampu landasan dengan sebuah tombol di kokpit pesawat. Tapi kali ini upaya itu tidak berhasil saat pilot Delta mencobanya.

Direktur Eksekutif Bandara Parker McClellan mengatakan bahwa masalah teknis ada di bandara, bukan dengan sistem pesawat. “Ini adalah kerusakan sistem kontrol pencahayaan. Menara kontrol telah tutup saat itu, dan kami telah mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki lampu,” kata McClellan.

Saat insiden ini terjadi, petugas bandara menginstruksikan petugas pemadam kebakaran tentang cara menyalakan lampu secara manual. McClellan mengatakan bahwa petugas diberitahu kerusakan pada pukul 10:56 malam, dan pesawat tersebut mendarat pada pukul 11:13 malam.

Para penumpang pun protes dengan apa yang terjadi. Apalagi pilot mengatakan kepada penumpang bahwa menara kontrol telah tutup, lampu landasan pacu dimatikan dan pesawat harus mengitari bandara untuk sementara waktu. Pilot juga mengatakan kepada penumpang bahwa jika masalahnya tidak terselesaikan, mereka akan kembali ke Atlanta. Bagi penumpang, kenyataan itu tidak dapat diterima.

Para penumpang menceritakan bahwa pesawat harus mengelilingi bandara antara 25 sampai 30 menit. Mereka juga tidak mengerti mengapa bandara tersebut menutup menaranya dan mematikan lampu sebelum penerbangan komersial terakhir tiba.

Namun, McClellan mengatakan mengatakan banyak bandara lain di seluruh AS menggunakan sistem yang sama di mana pilot menghidupkan lampu setelah jam tertentu. Dia menambahkan, bandara tersebut tidak memiliki cukup anggaran untuk mempekerjakan orang selama 24 jam sehari, seperti petugas pemadam kebakaran, jika terjadi masalah teknis.