flyadeal : Boeing atau Airbus?

    Saudi Arabian Airlines akan memulai pembicaraan dengan Airbus dan Boeing mengenai keinginan mereka untuk membeli pesawat. Rencananya, pesanan akan dibuat sebelum akhir tahun, sehingga kedua produsen diminta memberikan tawaran sesegera mungkin.

    Pesawat ini nantinya akan dipakai oleh maskapai baru anak usaha SAA, yaitu flyadeal. Ini adalah maskapai penerbangan berbiaya rendah baru yang didirikan oleh pemerintah Raja Salman itu. “Mungkin kami akan membeli 30 pesawat single aisle,” kata Direktur Jenderal Saleh Bin Nasser Al Jasser kepada Reuters di Dubai.

    Pembicaraan untuk pembelian pesawat Boeing 737 atau Airbus A320 akan dimulai lebih cepat, kata Al Jasser dalam pertemuan antara otoritas penerbangan Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

    Flyadeal adalah maskapai penerbangan domestik yang baru saja diluncurkan pada September. Maskapai ini berencana untuk mulai mengoperasikan rute internasional pada pertengahan 2018. Mereka telah sepakat untuk menyewa delapan pesawat A320 dari Dubai Aerospace Enterprise (DAE) dengan yang pertama dikirimkan pada Agustus.

    Al-Jasser mengatakan sebelum peluncuran flyadeal bahwa maskapai tersebut akan mengoperasikan armada yang disewakan sepenuhnya antara 25 dan 50 pesawat pada tahun 2020.