Empat Negara Eropa Join Beli Tanker Udara

Airbus Defense and Space telah menerima pesanan lima Airbus A330 MRTT atau Multi Role Tanker Transports. Ini adalah pesawat tanker untuk pengisian bahan bakar di udara. Pesanan ini berasal dari organisasi di Eropa untuk kerja sama pengelolaan program persenjataan, OCCAR  dengan pesanan atas nama NATO Support & Procurement Agency (NSPA) dan didanai oleh Jerman dan Norwegia.

Pesanan tersebut diberikan menyusul Memorandum of Understanding yang sudah ditandatangani. Disana dijelaskan bahwa Jerman dan Norwegia akan bergabung dengan Belanda dan Luxembourg dalam program Armada Transportasi Kapal Selam Multinasional Eropa / NATO.

Selain lima pesawat yang sudah dipesan oleh Belanda dan Luksemburg, perjanjian itu juga mencakup tambahan empat pesawat lagi. Langkah ini untuk berjaga-jaga mengantisipasi memungkinkan negara-negara lain bergabung dalam kelompok tersebut.

Pesawat akan dikonfigurasi untuk pengisian bahan bakar dalam penerbangan, pengangkutan penumpang dan kargo, dan penerbangan evakuasi medis. Sebelumnya, sudah ada dua pesawat yang dipesan dari jalur konversi tanker Airbus Defense and Space di Getafe dekat Madrid. Dengan demikian, akan ada tujuh pesawat yang diperkirakan akan diserahkan antara tahun 2020 dan 2022.

Pesanan baru ini menunjukkan posisi A330 MRTT sebagai pesawat terbang tanker utama di dunia. Ini juga menunjukkan bagaimana kekompakan sebagian negara Eropa dalam menapak masa depan pertahanan wilayah mereka, tidak hanya sebagai negara tetapi sebagai sebuah kawasan lebih besar yang terikat.