Up Grade Super Lynx Mk21B untuk AL Brazil

Produsen helikopter utama dunia, Leonardo mengumumkan bahwa mereka telah berhasil melakukan penerbangan perdana yang sukses dari delapan helikopter Super Lynx Mk21B. Ini merupakan heli angkatan laut super yang telah di-upgrade di fasilitas Yeovil, barat daya Inggris.

Helikopter Lynx yang telah diupgrade ini adalah milik Brazil Naval Aviation. Mereka memesan secara khusus untuk meningkatkan kemampuannya, dengan peningkatan kinerja pesawat terbang dan efektivitas misi.

Super Lynx Mk21B didukung oleh dua mesin generasi CTS800-4N baru. Sebelumnya, mesin ini sudah digunakan pada Super Lynx 300 dan helikopter AW159. Mesin ini dipercaya memberikan perbaikan kinerja pada helikopter, terutama di lingkungan yang panas, meningkatkan kemampuan muatan dan efektivitas misi.

Sebuah kokpit kaca baru dilengkapi dengan suite avionik canggih yang terdiri dari prosesor taktis, sistem navigasi berbasis satelit, alat bantu navigasi sipil termasuk Sistem Penghindaran Tabrakan Lalu Lintas (Traffic Collision Avoidance System – TCAS), Sistem Identifikasi Otomatis (SAK), penerima peringatan radar / tindakan pengawasan elektronik terintegrasi dengan penanggulangan dan kokpit yang kompatibel dengan Night Vision Goggle (NVG) lengkap, bersama dengan skema penyelamatan elektrik yang baru.

Penerbangan perdana tersebut menandai tonggak sejarah lain dalam kemitraan jangka panjang antara Leonardo dan Angkatan Laut Brasil, yang telah mengoperasikan helikopter Lynx sejak tahun 1978.