Eurowings Digelontor 1 M Euro untuk Beli Pesawat

    Dewan Pengawas Maskapai Deutsche Lufthansa AG telah menyetujui perluasan bisnis Grup Eurowings Maskapai Eurowings merupakan anak usaha Lufthansa yang bergerak dinamis di tengah perang harga tiket di Eropa. Keputusan untuk memperluas bisnis ini, menjadi tanda bahwa masa depan Eurowings diperkirakan cerah. Namun, ini juga momen dimana ketika ada bangkai, burung kondor mengerubung di sekitarnya.

    Ya, siapa saja sudah tahu bahwa maskapai Jerman, airberlin bangkrut bulan lalu. Seperti kue gurih, maskapai ini menjadi rebutan karena memiliki banyak pesawat dan rute-rute bagus. Lufthansa termasuk grup bisnis yang tidak mau ketinggalan berebut aset airberlin yang sekarat itu.

    Untuk tujuan tersebut, kerangka investasi sekitar 1 miliar Euro telah disetujui Lutfthansa bagi Eurowings untuk pembelian dan penyewaan pesawat terbang. Dana tersebut akan digunakan untuk mendapatkan hingga 61 pesawat, yaitu 41 pesawat Airbus A320 dan 20 Dash 8 Q400. Akuisisi pesawat terbang ini, sebagian akan bergantung pada keberhasilan negosiasi untuk mengakuisisi aset grup airberlin. Investasi akan dibiayai dari dana likuid yang ada.

    Selama beberapa bulan terakhir, sebenarnya Lufthansa sudah mengambil 20 pesawat airberlin yang kemudian dioperasikan Eurowings. Aksi ini dilakukan berdasarkan perjanjian sewa yang ada dengan Air Berlin, dimana 15 pesawat dengan skema akuisisi dan lima lagi disewa dengan opsi beli.

    Dengan persetujuan oleh otoritas antimonopoli yang relevan, Grup Eurowings dapat memperoleh hingga total 81 pesawat kedepannya. Grup Eurowings diperkirakan akan membutuhkan hingga 3.000 staf tambahan untuk kokpit dan kabin, sebagai dampak dari perekrutan dan akuisisi Grup Air Berlin. Iklan lowongan pekerjaan dan staf bahkan sudah dipasang.

    Lufthansa memiliki kesempatan besar untuk maju dengan menjadikan Eurowings pemain kuat di Eropa. Dengan persetujuan kerangka investasi tambahan untuk akuisisi pesawat terbang, prasyarat yang diperlukan kini telah dipenuhi.

    “Bagi Eurowings, ini akan menjadi tantangan besar agar tumbuh pesat. Saya sangat senang bahwa ini akan memungkinkan kami menambahkan hingga 3.000 karyawan baru di Grup Eurowings,” kata Carsten Spohr, Ketua Dewan Eksekutif Deutsche Lufthansa AG.