Air France-KLM Gandeng GOL di Brazil

    Maskapai Air France-KLM sedang mengembangkan strategi meraih pasar Brazil. Mulai mei 2018, operator raksasa ini akan menghubungkan Fortaleza dengan dua hub utamanya di Amsterdam-Schiphol Belanda dan Paris-Charles de Gaulle Perancis. Rute baru ini akan dioperasikan masing-masing oleh KLM dengan 3 penerbangan mingguan dan anak usaha mereka, maskapai Joon, dengan 2 penerbangan mingguan.

    Air France-KLM bermitra dengan maskapai Brazil, GOL Linhas Aéreas Inteligentes untuk melakukan penetrasi pasar. GOL sebagai maskapai lokal sudah cukup memahami pasar Brazil. GOL selama ini banyak beroperasi dari dan ke kota-kota di Utara dan Timur Laut Brasil seperti Belém, Manaus, Natal, Recife dan Salvador.

    Kerja sama ini akan memungkinkan penumpang kedua maskapai mendapatkan keuntungan dari koneksi yang lebih mudah, layanan tanpa batas dan pilihan tujuan jarak menengah dan jarak jauh yang lebih luas. Dengan jaringan baru ini, pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan karena hanya perlu satu kali check-in sepanjang perjalanan mereka dan layanan pelacakan bagasi yang terjamin.

    Dengan meluncurkan penerbangan ke Fortaleza, yang dioperasikan oleh dua maskapai tersebut, keduanya ingin memantapkan posisi sebagai pemimpin di pasar lokal. Tawaran transatlantik baru ini, sebuah titik temu antara Amerika Selatan dan Eropa, menjadikan Fortaleza sebagai pusat strategis yang akan membuat perjalanan penumpang lebih mudah.

    “Proyek ini telah dimungkinkan berkat kekuatan kemitraan kami dengan GOL. Jaringannya akan memberi penumpang pilihan yang lebih luas ke dan dari Brasil Utara dan Utara-Timur,” “kata Jean-Marc Janaillac, Chairman dan CEO Air France -KLM.

    Brasil sejak lama merupakan fokus penting bagi KLM. Penambahan Fortaleza ke jaringan mereka membuka rute udara baru antara kota-kota besar di utara dan timur laut Brasil. Kemitraan KLM dengan maskapai Brasil GOL menciptakan sebuah pusat strategis baru, yang menghubungkan secara kuat antara Belanda dan Amerika Selatan.

    GOL sendiri berjanji memperbaiki jaringan mereka di Fortaleza untuk menyediakan koneksi cepat dan efisien bagi Air France dan KLM. Mereka akan menyesuaikan jadwal dan meningkatkan pasar ke Recife, Salvador, Belem dan Manaus, serta rute baru ke Natal. GOL juga akan menawarkan perjalanan ke Eropa, “Ini adalah langkah penting lain yang kami ambil dalam kemitraan strategis kami, yang telah berlangsung selama tiga tahun,” jelas Paulo Kakinoff, Presiden GOL.

    KLM akan menawarkan dua penerbangan mingguan antara Amsterdam-Schiphol dan Fortaleza yang dioperasikan oleh Airbus A330 dengan kapasitas 18 kursi di Kelas Bisnis, 35 kursi di Economy Comfort dan 215 kursi di bidang Ekonomi. Mulai 2 Juli 2018, KLM akan menambahkan frekuensi tambahan.